Partai Ummat Jelaskan soal Dualisme Kepengurusan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 07:09 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Chandra Tirta Wijaya
Chandra Tirta Wijaya (Dok. Istimewa/foto diberikan oleh narsum)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Ummat Chandra Tirta Wijaya mengatakan dualisme kepemimpinan terjadi di beberapa dewan pimpinan daerah (DPD). Chandra menegaskan Dewan Pimpinan Pusat Partai Ummat tetap solid.

"Maksudnya dualisme di beberapa DPD, bukan pusat. (Kalau pusat) solid," kata Chandra kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Chandra mengatakan dualisme kepengurusan itu terjadi karena kader di daerah sangat antusias untuk memimpin partai. Partai Ummat, kata Chandra, sedang mencarikan solusi mengenai dualisme di daerah itu.

"Karena sangat antusias mereka untuk berkhidmat di Partai Ummat. Ada beberapa sedang diusahakan ada titik temu. Meminta bermusyawarah untuk mufakat," tutur dia.

Lebih lanjut Chandra mengatakan pembentukan DPD Partai Ummat tidak ada arahan dari pimpinan pusat. Dia menyebut kader di daerah sangat antusias soal kepengurusan.

"Tidak ada arahan dari pusat ketika pembentukan Partai Ummat di daerah masing-masing. Mereka antusias untuk membentuk kepengurusan," jelasnya.

Chandra mengatakan beberapa DPD itu meminta agar DPP mengesahkan salah satu kepemimpinan di DPD. Jika tak kunjung ada titik temu, Chandra mengatakan DPP akan memilih salah satu dari pimpinan DPD itu.

"Mereka semua lapor di pusat untuk di-SK-kan. Pusat harus memilih kalau tidak ada titik temu," kata dia.

Chandra mengatakan Partai Ummat terbentuk karena tingginya animo dari masyarakat di daerah. Saat ini Chandra menyebut kepengurusan Partai Ummat di daerah sudah banyak terbentuk, berbeda dengan DPP.

"Partai Ummat ada karena animo dari bawah yang sangat bersemangat. Pusat belum ada pengurusnya. Di DPD-DPD sudah banyak yang sudah terbentuk," ucap Chandra.

Chandra pun mengungkap kondisi DPP Partai Ummat saat ini. Dia menyebut Partai Ummat tengah fokus untuk persiapan verifikasi Pemilu 2024.

"Sangat bagus dan baik, insyaallah tidak ada permasalahan. Kami semua fokus untuk mempersiapkan Partai Ummat untuk lolos verifikasi faktual KPU," tutur dia.

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.

Lihat juga Video: Bertemu La Nyalla, Partai Ummat Singgung 3 Periode

[Gambas:Video 20detik]