Round-Up

Pusaran Rasuah Masjid Sriwijaya Bikin Jimly Buka Suara

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 05:20 WIB
Jimly Asshiddiqie menghadiri seminar di Magister Management Universitas Indonesia, Jakarta, Rabu (21/12/2016). Seminar ini membahas wacana pembuatan BUMN Holding.
Jimly Asshiddiqie (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pernyataan Kepala Seksi Penuntutan Bidang Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Kejati Sumsel) M Naimullah perihal persidangan kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya, Palembang, membuat Jimly Asshiddiqie buka suara. Jimly mengklarifikasi pernyataan Naimullah.

Naimullah menyebut Jimly tiga kali mangkir dari sidang kasus dugaan korupsi Masjid Sriwijaya. Jimly disebut tiga kali hadir tanpa keterangan alias mangkir.

"Untuk saksi Jimly Asshidiqie, kita sudah lakukan pemanggilan, namun belum ada keterangan hingga saat ini. Sudah tiga kali mangkir," ucap Naimullah, kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Keterangan Jimly sedianya dibutuhkan untuk membuktikan dugaan korupsi sejumlah terdakwa, salah seorang di antaranya Eddy Hermanto selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid Sriwijaya. Pihak Kejati Sumsel mengaku sudah berkoordinasi dengan Jimly, agar bisa hadir dalam persidangan.

"Para saksi dihadirkan untuk mengungkap perkara Eddy Hermanto cs dalam perkara kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya," sebut Naimullah.

"Kita akan koordinasikan lagi dengan yang bersangkutan. Apa lagi sidang pembuktian perkara ini masih panjang juga," imbuhnya.

Pernyataan mangkir 3 kali dari persidangan itulah yang membuat Jimly buka suara. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu memberikan klarifikasi.

Pembangunan Masjid Sriwijaya Palembang mangkrak akibat dananya dikorupsi. Warga menyebut bangunan tersebut menjadi sarang babi dan ular berbisa. (Prima Syahbana/detikcom)Kondisi proyek Masjid Sriwijaya yang mangkrak. (Prima Syahbana/detikcom)

Jimly mengaku sudah memberikan keterangan saat kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya masih di tahap penyidikan. Karena itu, dia meminta jaksa penuntut umum menanyakan ke penyidik.

"Memang benar sudah memberi keterangan ke penyidik di tempat yang diminta pihak kejaksaan. Makanya ditanya saja ke penyidiknya," kata Jimly saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (6/10/2021).

Tak hanya itu. Jimly mengaku sudah mengirimkan keterangan tertulis ke pengadilan. Baca di halaman berikutnya.

Lihat Video: Menjelajah Masjid Sriwijaya yang Katanya Jadi Sarang Ular-Babi

[Gambas:Video 20detik]