Round-Up

Hari Kebebasan Eks Ketum FPI Saat Habib Rizieq Masih di Balik Jeruji

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 20:36 WIB
Eks Ketum FPI Shabri Lubis Bebas (Foto: Adhyasta/detikcom)
Eks Ketum FPI Shabri Lubis Bebas (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Hari ini, eks Ketua Umum (Ketum) Front Pembela Islam (FPI), Ahmad Shabri Lubis, resmi menghirup udara bebas. Shabri Lubis bebas setelah menjalani masa hukuman 8 bulan penjara.

Shabri Lubis bebas bersama 4 mantan pengurus FPI lainnya, yakni Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi. Kelimanya keluar bersamaan dari Rutan Mabes Polri tadi pagi, pukul 10.37 WIB, Rabu (6/10/2021).

Mereka tampak kompak mengenakan baju gamis putih dan peci putih. Kebebasan kelima mantan petinggi FPI itu pun disambut para rekannya dari ormas PA 212 dan pendukungnya.

Namun, kebebasan itu tak turut dirasakan Habib Rizieq Shihab yang juga terjerat dalam kasus yang sama. Sebagai informasi, Shabri Lubis dkk dan Rizieq terjerat kasus kerumunan di Petamburan.

Kasus itu bermula dari kepulangan Rizieq ke Indonesia. Setelah pulang, Rizieq menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putrinya di Petamburan, Jakarta Pusat, pada 14 November 2020.

Acara itu pun menimbulkan kerumunan massa karena dihadiri masyarakat dalam jumlah yang masif tanpa mengindahkan protokol kesehatan. Polisi kemudian mengusut kasus tersebut hingga akhirnya menetapkan Rizieq sebagai tersangka.

Pada Februari 2021, polisi lantas menetapkan Shabri Lubis, yang merupakan penanggung jawab acara, dan 4 mantan pengurus FPI lainnya sebagai tersangka.

Rizieq dan Shabri Lubis dkk pun kemudian divonis 8 bulan penjara. Rizieq dan Shabri Lubis dkk dinyatakan terbukti melakukan pelanggaran terkait kerumunan di Petamburan yang dianggap melanggar aturan mengenai pandemi COVID-19 terkait acara Maulid Nabi Muhammad SAW-pernikahan.

Rizieq dan Shabri Lubis dkk dinyatakan bersalah melanggar Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Pasal tersebut merupakan dakwaan alternatif ketiga.

Simak juga video 'Cerita Eks Ketum FPI saat 8 Bulan di Penjara: Lebih Banyak Beribadah':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.