Syarat Naik KRL PPKM Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 17:51 WIB
Syarat Naik KRL PPKM Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!
Syarat Naik KRL PPKM Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya! (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Syarat naik KRL PPKM menjadi informasi penting bagi masyarakat yang mengandalkan transportasi umum. Hal ini sejalan dengan perpanjangan PPKM dari 5 Oktober-18 Oktober 2021.

Syarat naik KRL PPKM masih sama dengan pemberlakuan periode PPKM sebelumnya. Untuk mengetahui syarat naik KRL PPKM, simak rincian di bawah ini.

Syarat Naik KRL PPKM: Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Mengutip akun Twitter KAI Commuter, yakni @CommuterLine, syarat naik KRL PPKM yang pertama wajib melampirkan sertifikat vaksin COVID-19. Setidaknya, masyarakat sudah mendapat dosis vaksin pertama. Aturan ini berlaku sejak 11 September 2021. Dengan begitu, sebelum masuk kereta, petugas bakal mengecek sertifikat vaksin penumpang di area pintu masuk.

Sebagai syarat naik KRL PPKM, sertifikat vaksin COVID-19 bisa diperlihatkan melalui aplikasi PeduliLindungi, dicetak secara fisik dan digital, atau dalam bentuk foto. Penumpang juga harus menyiapkan identitas diri untuk mencocokkan data dengan sertifikat vaksin.

Sejak diberlakukannya sertifikat vaksin, Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP), surat tugas, surat keterangan kerja, maupun surat pemerintah tidak berlaku. Hal ini sesuai dengan aturan syarat naik KRL PPKM.

Syarat Naik KRL PPKM: Bagaimana Jika Belum Bisa Divaksin?

Meski sertifikat vaksin diberlakukan sebagai syarat naik KRL PPKM, nyatanya tidak semua masyarakat bisa divaksin. Khusus penyintas COVID-19 atau masyarakat yang punya penyakit bawaan, wajib menunjukkan surat dokter dari Puskesmas atau rumah sakit. Dengan demikian, kamu masih bisa menggunakan KRL.

Namun, jika puskesmas atau rumah sakit tidak mengeluarkan surat keterangan dokter, kamu boleh mengeluarkan surat keterangan sehat atau surat isolasi mandiri. Kamu pun bakal diizinkan naik KRL lantaran sudah memenuhi syarat naik KRL PPKM.

Syarat Naik KRL PPKM: Anak Sekolah Wajib Tunjukkan Surat Keterangan

Masih mengutip akun Twitter CommuterLine, anak sekolah di bawah 12 tahun tetap bisa naik KRL. Hanya saja, pihak sekolah harus mengeluarkan surat keterangan untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Kebijakan ini sudah diatur Commuterline sebagai syarat naik KRL PPKM.

Syarat naik KRL PPKM berikutnya dapat disimak di halaman selanjutnya.