Bapak Infrastruktur RI: Pernah Distempelkan ke Basuki, Kini Disematkan ke Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 15:54 WIB
Didampingi Menteri PUPR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas jalan Trans Papua Merauke-Sota-Boven Digoel sambil jalan kaki. Yuk intip momennya.
Jokowi dan Basuki Hadimuljono (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Ketum PBNU Said Aqil Siroj menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai 'Bapak Infrastruktur'. Namun, jauh sebelum itu, Jokowi sempat memberikan predikat 'Bapak Infrastruktur' ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pujian Jokowi ke Menteri Basuki itu disampaikan di Rakornas Tiga Pilar PDIP di CE-BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (16/12/2017). Jokowi awalnya berbicara soal ekonomi kerakyatan yang dilakukan pemerintah Kabinet Kerja.

"Saya yakin ekonomi kerakyatan ada di sanubari kader PDIP. Kita telah berusaha keras, membangun infrastruktur logistik, sampai perbatasan dan pelosok desa," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi kembali mengingatkan soal pembangunan-pembangunan infrastruktur yang sudah dilakukan pemerintah. Mulai membangun pintu-pintu masuk di perbatasan, pelabuhan, jalur kereta api, hingga jalan-jalan sampai pelosok daerah.

Menurut Jokowi, itu dilakukan sebagai upaya mendukung ekonomi kerakyatan. Dengan demikian, produk-produk lokal, produk-produk kerakyatan, dan produk-produk mikro bisa memiliki daya saing. Meski begitu, dia mengakui hingga saat ini memang pembangunan belum semua bisa terealisasi.

Jokowi berjanji akan terus mengusahakan pembangunan infrastruktur di daerah dan pelosok. Kemudian Jokowi menunjukkan gambar infrastruktur di wilayah timur Indonesia, tepatnya Merauke.

"Marilah lihat beberapa infrastruktur kita di daerah sangat memprihatinkan. Saya beri contoh di Merauke. Gambarnya jalan rusak itu seperti apa? Ini jalan. Ini jalan," sebutnya.

Pada momen ini, Jokowi lalu memuji Menteri Basuki. Bahkan dia sempat meminta Basuki berdiri agar bisa dilihat oleh para kader PDIP.

"Di sini ada Pak Basuki, beliau ini Bapak Infrastruktur Indonesia. Ini jalan di Papua belum diaspal, tapi sudah membuka wilayah yang terisolasi di Papua, terutama di pegunungan tengah," ungkap Jokowi.

Simak juga 'PLBN Sota Merauke Diresmikan, Jokowi: Buat Masyarakat Makin Cinta & Bangga':

[Gambas:Video 20detik]