detikcom Do Your Magic

20 Tiang Masih Makan Jalan di Ciputat, Walkot Tangsel: Akan Ditertibkan!

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 14:58 WIB
Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie
Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Meski penertiban tiang makan badan Jalan di Jl WR Supratman sudah dimulai, tapi masih tersisa 20 tiang di badan Jalan Ciputat Timur itu. Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mendorong jajarannya bekerja cepat mencabut tiang-tiang itu.

"Nanti akan ditertibkan lagi sama dinas teknis dan Satpol PP," kata Benyamin kepada detikcom, Rabu (6/10/2021).

Sebenarnya, tenggat yang diberikan Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Tangsel untuk para provider tiang dan kabel adalah sampai 20 September lalu. Setelah tenggat untuk provider itu lewat, Dinas Pekerjaan Umum menyediakan dua pekan untuk mencabut tiang-tiang yang masih berada di badan jalan. Namun hingga kini, masih banyak tiang berdiri di badan jalan. Kapan target Jl WR Supratman bebas tiang makan jalan?

"Target secepatnya saja," kata Benyamin.

Kabel-kabel di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 4 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)Kabel-kabel di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 4 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Berdasarkan pantauan detikcom di Jl WR Supratman, Selasa (5/10) kemarin, ada 20 tiang yang masih makan badan jalan. Tiang pertama ditemukan di ujung jalan arah UIN Syarif Hidayatullah, tepatnya di dekat kios tambal ban milik warga. Kemudian, tiang kedua hingga keempat ditemukan pada jarak 200-300 meter setelahnya.

Tiang-tiang keenam hingga kesepuluh ditemukan dari kios Hokben Kitchen hingga kios Warung Medan. Kabel-kabel yang melilit di tiang tersebut tampak semrawut dan tidak beraturan. Saking menjuntai, ada kabel yang disangga dengan bambu. Pengguna jalan yang tidak berhati-hati bisa tersangkut kabel-kabel ini.

Kabel-kabel di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 4 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)Kabel-kabel di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, 4 Oktober 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Selanjutnya, tiang ke-11 hingga ke-17 ditemukan di kawasan Indo Gadai sampai Alfamart Ciputat (dekat Masjid Al-Istiqomah). Terlihat, tiang-tiang yang sudah dicabut diletakkan di tepi trotoar. Kabelnya pun diletakkan di sana, tapi ada pula yang masih tergulung di tiang yang masih berdiri tegak.

Sementara itu, sisa tiang yang masih berdiri dan 'menghalangi' jalan masih ditemukan di kios Tan Ek Tjoan hingga kawasan dekat kantor Kelurahan Ciputat Timur.

(dnu/aik)