Untuk Apa Jokowi Blusukan Lagi?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 12:45 WIB
Presiden Jokowi menanam mangrove di Bengkalis, Riau.
Jokowi blusukan menanam mangrove di Bengkalis, Riau. (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir-akhir ini kembali sering melakukan blusukan ke masyarakat. Bahkan aksi blusukan Presiden Jokowi sampai ditiru oleh anaknya yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Lantas apa sebetulnya maksud Jokowi kembali aktif blusukan lagi?

Pakar politik sekaligus pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, menjelaskan ada beragam aksi yang dilakukan Jokowi selama blusukan belakangan ini. Cara Jokowi blusukan tersebut sebetulnya erat kaitannya pada saat pencitraan pada zaman kampanye dulu.

"Jadi aktifnya Pak Jokowi melakukan blusukan kemudian kegiatan-kegiatan yang erat kaitannya dengan pencitraan, seperti pada zaman kampanye dulu, misal menanam jagung bareng, menanam mangrove, tersebar foto-foto dia lagi pakai kaus kaki, atau cara lain memberi jaket ke pendukungnya, itu sebetulnya cara-cara dia waktu kampanye," kata Hendri saat dihubungi, Rabu (6/10/2021).

Pria yang akrab disapa Hensat ini mengupas alasan Jokowi kembali memunculkan lagi aktivitas blusukan itu. Dia menyebut salah satunya adalah Jokowi ingin diingat sebagai presiden yang humble ketika selesai menjabat.

"Nah, kenapa itu dimunculkan lagi? Karena memang Pak Jokowi ingin terus diingat oleh rakyat Indonesia sebagai sosok presiden yang humble, yang memang dekat dengan rakyat dan memunculkan tren blusukan itu. Bagus kan buat Pak Jokowi nanti selesai 2024 diingat sebagai presiden yang seperti itu," ucap Hensat.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.