Koalisi Masyarakat Desak KPI Bentuk Tim Investigasi Kasus Pelecehan Pegawai

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 20:26 WIB
Koalisi Masyarakat Kritik Cara KPI Tangani Pelecehan Pegawai
Foto: Karin Nur Secha/detikcom
Jakarta -

Koalisi Masyarakat Peduli Korban Kekerasan Seksual meminta KPI segera membentuk tim investigasi independen untuk menangani kasus dugaan pelecehan seksual kepada MS. Tim investigasi independen diperlukan lantaran yang dialami MS merupakan kekerasan berbasis gender.

"Jadi ada beberapa usulan kami, yang pertama pembentukan tim investigasi. Tim investigasi itu tujuannya yang pertama agar korban mendapatkan keadilan bukan cuma hukum formal di kepolisian tapi juga di keadilan lain jika hukum kita tidak mengakomodir keadilan buat korban sehingga ada keadilan lain," kata anggota Koalisi Masyarakat Peduli Korban Kekerasan Seksual Hartoyo kepada wartawan di kantor KPI, Jakarta Pusat, Selasa (5/10/2021).

Hartoyo meminta tim investigasi ini melibatkan beberapa kelembagaan lain. Di antaranya Komnas HAM, LPSK, Komnas Perempuan, dan NGO yang concern pada isu kekerasan berbasis gender dan kekerasan seksual.

"Karena tau ya UU kita kadang sulit sekali pembuktian korban-korban kekerasan seksual. Jadi ada keadilan lain buat korban," ujar Hartoyo.

"Yang kedua, membantu informasi sehingga proses penyidikannya lebih cepat sehingga bisa langsung tahu bagaimana caranya. Tim investigasi ini penting," sambungnya.

Dia juga berharap nantinya tim investigasi independen yang dibentuk ini dapat mengubah cara pandang pelaku dugaan kekerasan seksual kepada MS.

"Jadi poinnya itu tadi ya, kita mau meminta KPI membentuk tim investigasi yang independen dari lembaga tadi ya, misal Komnas Perempuan, Komnas HAM dengan LPSK dan kita juga bersedia," ucap Hartoyo.

"Kenapa Komnas Perempuan? Ini kan korbannya laki-laki. Komnas Perempuan sangat paham tentang kekerasan berbasis gender dan kekerasan berbasis seksualitas yang dialami oleh MS ini," sambungnya.

Simak video 'Polres Jakpus soal Panggilan Komnas HAM di Kasus KPI: Masih Fokus Penyidikan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.