Eks Pengacara Keluhkan Belum Terima Honor dari Ayah Taqy Malik

Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 17:04 WIB
Mansyaradin Malik, ayah Taqy Malik (tengah) didampingi pengacara melaporkan Marlina Octorina
Mansyaradin Malik, ayah Taqy Malik (tengah) didampingi pengacara saat melaporkan Marlina Octorina. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

M Fayyadh dkk menyatakan mengundurkan diri sebagai tim penasihat hukum ayah Taqy Malik, Mansyardin Malik. Ada beberapa alasan Fayyadh mundur sebagai tim penasihat hukum, salah satunya honornya sebagai kuasa hukum belum dibayar oleh ayah Taqy Malik.

"Hak honorarium kami sampai sekarang belum diselesaikan oleh klien saya," ungkap Fayyadh kepada wartawan di kantornya di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (5/10/2021).

Ayah Taqy Malik, kata Fayyadh, sempat meminta tim kuasa hukumnya tidak mengundurkan diri.

"Bahwa hari Rabu itu saya mengundurkan diri sebagai kuasa hukumnya. Tapi klien saya berkehendak agar saya tidak mundur," kata Fayyadh.

"Dia berjanji hari Kamis akan menyelesaikan urusannya dengan orang saya. Tapi sampai sekarang tidak ada penyelesaian. Akhirnya saya dan tim mengambil langkah tegas bagaimanapun juga kita harus mundur dari penasihat hukum Masyardin Malik," tambahnya.

Fayyadh mengatakan pihak ayah Taqy Malik sejauh ini baru menyerahkan uang operasional. Namun, untuk hak honorarium, belum kunjung selesai.

"Belum jadi hanya uang operasional yang udah diserahkan ke saya. Tapi hak honorarium belum diselesaikan sampai hari ini," imbuhnya.

Alasan Mundur sebagai Tim Lawyer

Fayyadh and Partners resmi mengundurkan diri sebagai kuasa hukum ayah Taqy Malik per Senin, 4 Oktober 2021. Sebelumnya, ia ditunjuk sebagai pengacara oleh ayah Taqy Malik pada 20 September 2021.

"Mulai kemarin hari Senin, 4 Oktober, saya dan tim hukum mengundurkan diri sebagai penasihat hukum dari Mansyardin Malik," ungkap Fayyadh.

Fayyad mengungkapkan alasan dirinya dan tim mengundurkan diri sebagai kuasa hukum ayah Taqy Malik. Salah satunya ada perbedaan kesepakatan dalam penyelesaian perkara.

"Adapun pengunduran diri saya dan tim hukum Fayyadh and Partners sesuai dengan Pasal 8 huruf G ayat (8) tentang kode etik advokat, yang mana bunyi dari pasal tersebut 'Advokat dapat mengundurkan diri dari perkara yang akan dan atau diurusnya apabila timbul perbedaan dan tidak dicapai kesepakatan tentang cara penanganan perkara dengan kliennya'," bebernya.

Untuk diketahui, Fayyadh sebelumnya mendampingi ayah Taqy Malik saat melaporkan Marlina Octoria ke Polda Metro Jaya. Saat itu Mansyardin Malik melaporkan Marlina Octoria atas dugaan pencemaran nama baik dan fitnah.


Simak pelaporan ayah Taqy Malik di halaman selanjutnya