Ayah Taqy Malik Dipolisikan Dugaan KDRT, Mantan Istri Segera Dipanggil

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 15:56 WIB
Mansyardin Malik saat menggelar jumpa pers di kawasan Antasari, Jakarta Selatan pada Selasa (14/9).
Mansyardin Malik (Noel/detikfoto)
Jakarta -

Ayah Taqy Malik, Mansyardin Malik, dilaporkan oleh mantan istri sirinya, Marlina Octoria, atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Laporan itu kini tengah dipelajari pihak kepolisian.

"Laporannya sudah kami terima. Terlapornya adalah Saudara MM (Mansyardin Malik)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Yusri belum memerinci lebih jauh perihal laporan yang dilayangkan oleh Marlina Octoria. Dia hanya menyebut kasus dugaan KDRT itu kini telah ditangani Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Laporan tersebut kini tengah dipelajari pihak penyelidik. Dalam waktu dekat, polisi bakal segera melakukan klarifikasi kepada Marlina Octoria selaku pihak pelapor.

"Sementara sedang diteliti laporan polisinya oleh penyelidik. Nanti akan dipanggil untuk diklarifikasi," jelas Yusri.

Untuk diketahui, Marlina Octoria melaporkan ayah Taqy Malik ke Polda Metro Jaya atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pada Selasa (21/9). Marlina juga mengaku telah mengadu ke Komnas Perempuan.

"Setelah beberapa langkah kita sebelumnya, yaitu dengan membuat permohonan Bapak Willy, pemohonan ke Komnas Perempuan, sehingga pada ujungnya kami selaku kuasa hukum akhirnya kami melaporkan saudara M dengan dugaan UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga," ujar kuasa hukum Marlina Octoria, Ery Kartanegara, Saat ditemui di Polda Metro Jaya, Selasa (21/9).

Ayah Taqy Malik dipolisikan Marlina dengan tuduhan Pasal 5 huruf a, b, c juncto Pasal 44 ayat 2 UU No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Pihak Marlina mengaku telah memiliki bukti-bukti atas pelaporan tersebut.

"Tidak ada lagi yang dikatakan dia pencemaran nama baik atau kata dia mengarang suatu cerita. Karena LP-nya sudah diterima. Kalau LP sudah diterima artinya sudah jelas adanya indikasi dugaan tindak pidana. Jadi psikisnya, fisiknya, kekerasan dalam hubungan seksualnya sudah terbukti di Pasal 23 Tahun 2004," lanjutnya.

Ery menegaskan Marlina Octorina punya bukti kuat soal dugaan penyimpangan seksual ayah Taqy Malik itu. Salah satunya adalah bukti rekam medis.

"Jadi kalau kekerasan fisiknya itu kami memiliki rekam medis yang menjadi alat bukti kepolisian. Psikisnya sendiri klien kami karena ada rasa ketakutan sementara pindah rumah itu, psikisnya (kena)," imbuh Ery Kartanegara.

Pihak Mansyardin Malik pun telah angkat suara perihal laporan mantan istri sirinya. Dia mengaku siap mengikuti proses hukum yang akan berjalan ke depan.

"Kami jalani saja. Nanti akan diuji hukum bicara fakta bukan katanya hukum kan kepastian berdasarkan alat bukti," kata Mansyardin Malik kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/9) siang.

(ygs/mea)