BNN Riau Tangkap PNS Pengedar LSD, Transaksi Pakai Bitcoin

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 15:58 WIB
BNNP Riau menangkap 4 orang terkait peredaran narkoba berbentuk prangko. Salah satu di antaranya adalah seorang wanita yang diketahui berstatus PNS. (Raja AS/detikcom)
BNNP Riau menangkap 4 orang terkait peredaran narkoba berbentuk prangko. Salah satu di antaranya adalah seorang wanita yang diketahui berstatus PNS. (Raja Adil/detikcom)

Transaksi Pakai Bitcoin

"Menurut pengakuan pelaku SS, narkotika ini dipasarkan menggunakan media sosial dan pelaku sudah mengirim narkotika ini sebanyak 15 kali ke beberapa daerah di Indonesia. Untuk transaksi dia pakai alat pembayaran cryptocurrency atau Bitcoin," katanya.

Atas perbuatannya, pelaku diamankan dan ditahan di BNN Riau. Bromo Dimetoksifenil 2-CB atau LSD yang berhasil diungkap oleh BNN Riau merupakan narkotika jenis baru dan jarang ditemukan di masyarakat.

"Penggunaannya dapat mengakibatkan halusinasi tinggi dan gangguan kerusakan permanen pada otak. Kalau untuk laki-laki berdampak pada vitalitas," kata mantan Direktur Ditpolairud Polda Sumsel tersebut.

3 Pelaku Lain Ditangkap, Sabu Ikut Disita

Selain oknum PNS, BNN menangkap dua pelaku berinisial YD dan AR. Kedua pelaku ditangkap pada Rabu (29/9) lalu.

"Kedua pemuda ini ditangkap di daerah Jalan Soebrantas Pekanbaru. Dari para pelaku diamankan barang bukti 190 gram sabu," kata Robinson.

Hasil penelusuran, didapat informasi sabu dikendalikan seorang narapidana di salah satu Lapas di Riau berinisial ER. Tim BNN memastikan terus mengusut peredaran barang haram tersebut.

"Tim masih mengusut terus jaringan yang kami ungkap. Mudah-mudahan ini dapat terus mengusut jaringannya," imbuh Kabid Pemberantasan, Kombes Berliando.


(ras/jbr)