PPKM Padang Sampai Kapan? Saat Ini Statusnya Masih PPKM Level 4

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 11:58 WIB
PPKM Padang Sampai Kapan? Saat Ini Statusnya Masih PPKM Level 4
PPKM Padang Sampai Kapan? Saat Ini Statusnya Masih PPKM Level 4 (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

PPKM Padang sampai kapan? Pertanyaan ini banyak dicari tahu masyarakat setelah pemerintah mengumumkan hasil evaluasi PPKM terbaru untuk seluruh wilayah Indonesia.

Evaluasi PPKM ini diumumkan melalui konferensi pers virtual pada Senin (4/10/2021) kemarin. Pemerintah juga mengumumkan perpanjangan kembali PPKM se-Indonesia, baik di Jawa-Bali maupun luar Jawa Bali.

Pada PPKM periode sebelumnya, Kota Padang ada di level 4 PPKM luar Jawa Bali. Kemudian, dalam hasil evaluasi PPKM kemarin sore, Kota Padang kini masih menerapkan PPKM level 4. Itu artinya tidak ada perubahan status dari pekan sebelumnya.

Lalu, sampai kapan PPKM Padang berlangsung? Dalam hasil evaluasi yang sudah diumumkan, pemerintah telah mengatur PPKM Padang sampai kapan. Untuk mengetahui selengkapnya, simak informasi berikut ini.

PPKM Padang Sampai Kapan: Ini Jawabannya

Pemerintah telah mengumumkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Kota Padang yakni diperpanjang sampai tanggal 18 Oktober 2021 mendatang.

Pemberlakuan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 48 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di wilayah luar Jawa Bali. Aturan tersebut menjadi acuan status level PPKM masing-masing daerah hingga dua pekan ke depan.

Status PPKM Padang Belum Berubah

Dalam konferensi pers yang disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, disebutkan bahwa PPKM luar Jawa Bali masih ada enam daerah yang berstatus PPKM level 4, salah satunya Kota Padang.

"Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali diusulkan untuk 2 minggu ke depan, yaitu 5-18 (Oktober) dengan cakupan adalah 6 kabupaten/kota, sebelumnya 10 kabupaten/kota," kata Airlangga dalam siaran di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

Enam daerah yang dimaksud antara lain:

  1. Kabupaten Pidie, Aceh
  2. Kabupaten Bangka, Bangka Belitung
  3. Kota Padang, Sumatera Barat
  4. Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  5. Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara
  6. Kota Tarakan di Kalimantan Utara

Airlangga mengatakan daerah tersebut belum mencapai target vaksinasi yang sudah ditentukan. Padahal, jika mengacu pada Inmendagri Nomor 48 tahun 2021, untuk bisa berubah status level PPKM, tiap daerah harus mendapatkan cakupan vaksinasi yang sudah ditentukan. Berikut ini rinciannya:

• Cakupan vaksinasi dosis 1 harus mencapai 50% dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 40%, sebagai syarat tambahan untuk bisa turun dari level 3 ke level 2.
• Cakupan vaksinasi dosis 1 harus mencapai 70% dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60% sebagai syarat tambahan untuk bisa turun dari level 2 ke level 1.
• Untuk kota-kota yang saat ini berada pada level 2, akan diberikan waktu selama 2 minggu untuk dapat mengejar target pada poin a di atas. Jika tidak bisa dicapai maka akan dinaikkan statusnya ke level 3.

Setelah mengetahui PPKM Padang sampai kapan, mari menyimak aturan terbarunya. Informasinya ada di halaman selanjutnya.