Ini Data Vaksinasi 3 Kabupaten yang Hambat Jabodetabek Turun Level PPKM

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 11:25 WIB
PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang, Ini 3 Kabar Terbarunya
Ilustrasi PPKM (Edi Wahyono/detikcom)


Turun Level PPKM Terganjal Vaksinasi

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan kawasan aglomerasi Jabodetabek masih berada di PPKM level 3 karena masalah vaksinasi. Beberapa daerah belum memenuhi standar vaksinasi.

"Aglomerasi Jabodetabek belum turun ada di Kabupaten Bogor.... Kabupaten Tangerang dan Bekasi ini masih kekurangan vaksinasi level 3," ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin (4/10).

Capaian vaksinasi yang rendah membuat daerah di Jawa dan Bali yang naik ke level 3 makin banyak. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan kendala yang dilalui, salah satunya vaksinasi.

"Belum mencapai 70% sasaran total, dan lansia belum 60%," ucap juru bicara urusan vaksin dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi, Senin (10/4/2021) malam.

Daerah yang belum mencapai target vaksin itu di antaranya di Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Bekasi.

Siti mengatakan petugas berupaya menjemput bola dengan mendatangi langsung masyarakat.

"Lansia banyak yang belum mau karena termakan hoax. Percaya memang sudah umurnya, jadi harus dilakukan pelayanan door to door. (Di luar lansia) masih banyak yang takut akan efek samping," katanya.


(rdp/tor)