Momen Kunjungan Jokowi Saat Penangkapan Teroris Pemilik Bom 35 Kg

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 18:03 WIB
Jokowi di penutupan Festival Keraton Nusantara (Dok. Pemprov Jabar)
Jokowi di penutupan Festival Keraton Nusantara (Dok. Pemprov Jabar)
Jakarta -

Densus 88 Antiteror Polri menemukan 35 kg bahan bom TATP di kaki Gunung Ciremai, Blok Cipager, Desa Bantar Agung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat. Bahan peledak yang dikenal dengan sebutan Mother of Satan itu dimiliki oleh napi teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) bernama Imam Mulyana.

Imam Mulyana ditangkap pada 18 September 2017, pukul 14.00 WIB, di dekat Bandara Cakrabhuwana atau Bandara Penggung, Cirebon, Jawa Barat. Dia ditangkap setelah Densus 88 mencurigai gerak geriknya di dekat bandara.

Kala itu, ada senjata tajam jenis sangkur, pepper spray, dan sebuah airsoft gun yang disita dari Imam Mulyana. Tak hanya itu, polisi juga menemukan 5 bom molotov yang telah disebar Imam.

Imam Mulyana yang bergerak sendiri atau lone wolf disebut sudah mengincar Bandara Cakrabhuwana sejak sehari sebelumnya. Dari hasil penyelidikan awal pada saat itu, Imam diketahui berniat untuk merampas senjata anggota polisi yang mengamankan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Cirebon, sekaligus melukainya.

Imam Mulyana ditangkap 3 jam sebelum pesawat Jokowi yang akan berkunjung ke Cirebon mendarat. Jokowi kala itu hendak mengunjungi Kota Udang untuk menghadiri acara penutupan kegiatan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke IX Tahun 2017 di Taman Gua Sunyaragi, Cirebon.

Jokowi saat itu juga hadir untuk meresmikan Museum Pusaka Keraton Kasepuhan serta Portal Keraton Nusantara yang dikelola Perpustakaan Nasional.

Festival itu digelar pada 15-19 September 2017. Ada berbagai kegiatan dalam FKN tersebut, yaitu Kirab Agung Prajurit Keraton, pergelaran Kesenian Keraton, Pameran Pusaka Keraton, Lomba Panahan Tradisional se-Indonesia, Seminar dan Pameran Naskah Kuno Keraton, serta Musyawarah Agung Raja dan Sultan se-nusantara.

Acara penutupan itu sendiri digelar pada pukul 19.30 WIB hingga 22.30 WIB, 18 September 2017, di Taman Gua Sunyaragi. Tak hanya Jokowi, ada lebih dari 100 raja dan sultan yang dijadwalkan hadir dalam penutupan FKN XI.

Meski ada ancaman teror, Jokowi tetap menghadiri FKN di Cirebon. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.