Pemprov DKI Tunggu Keputusan Pusat soal Perpanjangan PPKM

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 14:36 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Foto: Karin Nur Secha/detikcom
Jakarta -

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jakarta level 3 akan berakhir hari ini. Akankah Jakarta turun level?

"Hasilnya akan diumumkan pemerintah pusat, mudah-mudahan hari ini bisa diumumkan. Tentu PPKM menjadi kewenangan pemerintah pusat," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di kantornya, Senin (4/10/2021).

Riza menyampaikan penurunan level PPKM setiap daerah merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. Dia mengatakan Pemprov DKI akan melaksanakan apa pun keputusan yang ditetapkan pemerintah pusat terkait level PPKM Jakarta.

"Kami Pemprov menunggu hasil yang diumumkan pemerintah pusat, apapun keputusannya, kita akan laksanakan sebaik mungkin PPKM berikutnya, apakah tetap di level tiga, atau turun di level dua, atau satu, kita tunggu saja," ujarnya.

"Apapun kebijakan pemerintah pusat melalui suatu evaluasi yang panjang dan baik, tidak hanya bagi Jakarta tapi juga bagi warga lainnya," sambungnya.

Status level PPKM DKI Jakarta berdasarkan Inmendagri Nomor 43 Tahun 2021 kini ada di level 3. Artinya, hal ini masih sama seperti status PPKM pada pekan-pekan sebelumnya. Sedangkan untuk PPKM Jawa-Bali secara keseluruhan, kini sudah tidak ada lagi wilayah yang menerapkan PPKM level 4.

"Dari berbagai perbaikan tersebut, saya sampaikan tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali. Jadi semua di level 3 dan level 2," ujar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan lewat konferensi pers virtual, Senin (20/9) lalu.

Salah satu indikator naik atau turunnya level PPKM daerah adalah cakupan vaksinasi. Pada 13 September, pemerintah menyatakan cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 50% dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 40% agar suatu daerah PPKM level 3 dapat turun ke PPKM level 2.

Sementara itu, untuk turun dari PPKM level 2 ke level 1, cakupan vaksinasi di daerah tersebut harus mencapai 70%. Daerah PPKM level 2 yang mau turun ke PPKM level 1 juga harus memenuhi syarat cakupan vaksinasi 60% bagi lansia.

(idn/idn)