Pasar Cik Puan Pekanbaru Mangkrak 10 Tahun, Kini Bocor-Jadi Tempat Sampah

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 13:11 WIB
Pasar Cik Puan Pekanbaru mangkrak
Pembangunan Pasar Cik Puan di Pekanbaru tak tuntas sejak 2010. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Pekanbaru -

Proyek pembangunan Pasar Cik Puan di Pekanbaru yang dimulai sejak 2010 tak kunjung tuntas alias mangkrak. Para pedagang pun mengeluh karena harus berdagang puluhan tahun di tempat penampungan sementara.

Pantauan detikcom, Senin (4/10/2021), terlihat gedung berupa tiang dan beton yang berdiri tegak di lokasi Pasar Cik Puan. Gedung itu tampak tak selesai dibangun dan tidak terawat.

Gedung itu hanya menjadi lokasi parkir. Gedung pasar juga dipenuhi sampah yang berserakan dan tampak ada sejumlah bagian bangunan yang mulai bocor.

"Ini sudah bocor-bocor di lantai satu. Kalau hujan deras semua bocor karena tidak ada digunakan," kata salah satu warga sekitar, Suhaimi.

Pasar Cik Puan Pekanbaru mangkrakPasar Cik Puan Pekanbaru mangkrak (Raja Adil Siregar/detikcom)

Suhaimi menyebut bangunan mangkrak itu mulai dibangun pada 2010-2011. Dia menyebut bangunan itu sudah terbengkalai sekitar 9-10 tahun.

"Sudah berulang kali ganti wali kota dan gubernur tidak juga ada kepastian," katanya.

Pedagang Harap Pasar Segera Dituntaskan

Ketua Persatuan Pedagang Cik Puan Pekanbaru, Sutan Sarmuni Sikumbang, mengatakan Pasar Cik Puan merupakan salah satu ikon Pekanbaru. Dia berharap proyek pembangunan Pasar Cik Puan dilanjutkan hingga tuntas.

"Pasar Cik Puan ini adalah ikon Pekanbaru, ada sejarah terukir di pasar ini. Jadi kami berharap ini segera dibangkitkan, Pasar Cik Puan harus bisa seperti semula berjaya, ya tidak hanya pasarnya, tapi juga pedagang," kata Sutan.