Keracunan Massal Makanan Takziah di Takalar Sulsel, Polisi Periksa Katering

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 12:25 WIB
Ratusan warga di Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), keracunan usai menghadiri acara takziah. Para warga tersebut dirawat di rumah sakit terdekat dan rumah masing-masing.
Ratusan warga keracunan usai memakan makanan di acara takziah di Takalar, Sulsel. (Dok. Istimewa)
Takalar -

Polisi melakukan olah TKP terkait ratusan warga di Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengalami keracunan massal hingga seorang bocah 9 tahun tewas usai memakan makanan di acara takziah. Katering penyedia makanan hingga sampel nasi diperiksa.

"Sudah turun Kasat Serse olah TKP," ucap Kapolsek Galesong Utara Polres Takalar Iptu Napa kepada detikcom, Senin (5/10/2021).

Olah TKP berlangsung di lokasi kejadian di Desa Pakkaba, Kecamatan Galesong Utara, Takalar, pada Sabtu (2/10). Hasilnya, polisi turut mengamankan sampel nasi dus yang sempat dikonsumsi warga.

"Sampel makanan itu sudah diambil, sudah dibawa ke Labfor tapi belum keluar hasilnya," ungkap Napa.

Selain memeriksa sampel nasi dus, penyidik telah memeriksa pihak katering nasi dus yang dikonsumsi warga.

"Yang siapkan katering juga sudah di Polres semua," pungkas Napa.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 250 orang warga datang ke acara takziah di rumah warga di lokasi, Rabu (29/9) malam. Saat itu, para warga disajikan nasi dus.

Saat acara takziah, warga tak langsung menunjukkan gejala keracunan. Gejala berupa mual, pusing dan muntah-muntah itu baru dialami warga pada keesokan harinya, Kamis (30/9).

"Korban terdata di rumah sakit 55 orang, tapi diperkirakan ratusan korban karena banyak juga yang dirawat di rumah masing-masing," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat dimintai konfirmasi, Sabtu (2/10).

Dalam insiden tersebut, seorang bocah berusia 9 tahun meninggal dunia. Korban sempat mengkonsumsi tiga nasi dus di lokasi.

(hmw/nvl)