Hari Rabies Sedunia 2021: Tema dan Pesan Penting Tahun Ini

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 12:11 WIB
Hari Rabies Sedunia 2021: Tema dan Pesan Penting Tahun Ini
Hari Rabies Sedunia 2021: Tema dan Pesan Penting Tahun Ini - ilustrasi vaksin rabies pada hewan peliharaan. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Hari Rabies Sedunia 2021 jatuh pada 28 September. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang rabies serta meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian rabies.

Lalu apa tema dan pesan penting soal peringatan ini? detikcom merangkum informasinya berikut ini.

Hari Rabies Sedunia 2021: Ini Temanya

Semenjak tahun 2007, pada tanggal 28 September dunia memperingati Hari Rabies Sedunia. Dilansir dari situs resmi WHO, tema tahun ini adalah 'Rabies: Facts, not Fear'. Hal ini berhubungan dengan adanya pandemi COVID-19 yang menumbuhkan banyaknya keraguan dan kesalahpahaman tentang penyakit.

Untuk rabies, keraguan, ketakutan dan kesalahpahaman sudah ada dari dulu. Maka dari itu, untuk tema tahun ini difokuskan kepada fakta tentang rabies dan tidak menyebarkan ketakutan mengenai penyakit rabies.

Hari Rabies Sedunia 2021: Rabies di Amerika Serikat

Hari Rabies Sedunia 2021 diperingati oleh berbagai negara, termasuk Amerika Serikat. Rabies masih banyak terlihat di negara Amerika Serikat, umumnya di alam liar.

Dilansir dari situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), seperempat dari jumlah kasus rabies yang tercatat di Amerika Serikat berasal dari gigitan anjing yang didapat selama perjalanan internasional. Untuk itu, CDC bersama dengan organisasi kesehatan lainnya bekerja sama untuk menghilangkan kematian manusia yang disebabkan oleh rabies yang ditularkan oleh anjing pada 2030.

Hari Rabies Sedunia 2021: Penyakit Rabies Bisa Dicegah

Berdasarkan situs resmi CDC, rabies adalah penyakit yang 100% dapat dicegah. Namun lebih dari 59.000 orang meninggal akibat rabies di seluruh dunia tiap tahun.

Cara terbaik untuk menghindari rabies menurut CDC adalah dengan memberikan vaksinasi rabies pada anjing dan kucing. Selain itu, saat bepergian, usahakan hindari kontak dengan anjing dan kucing liar.

Selanjutnya informasi soal Hari Rabies Sedunia 2021 dapat dilihat di halaman selanjutnya.