Puan: PON XX Papua Bukti RI Bisa Menang Lawan Corona

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 20:25 WIB
Ketua DPR Puan Maharani
Foto: Ketua DPR Puan Maharani (dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi pembukaan PON XX Papua yang digelar secara meriah, dengan berbagai penampilan seni dan budaya, namun tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Puan melihat perhelatan PON XX Papua sebagai bukti bahwa Indonesia bisa 'menang' melawan pandemi COVID-19.

"Satu kata untuk pembukaan PON XX, 'hebat! sangat Papua, sangat Indonesia'. Torang bisa buat acara besar nasional yang rapih dan bagus, meskipun di tengah pandemi," kata Puan seperti dalam keterangan turtulisnya, Minggu (3/10/2021).

Pujian tersebut dilontarkan Puan dalam pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, kemarin. Puan hadir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka PON XX Papua secara resmi.

Puan, yang hadir memakai kaos PON XX Papua, menyebut pesta olahraga kali ini sebagai sebuah momentum bagi bangsa Indonesia. Ketua DPP PDIP itu menjelaskan PON XX Papua merupakan perhelatan skala nasional pertama sejak Indonesia memasuki pandemi COVID-19.

"PON XX di Papua menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menang melawan Pandemi COVID-19, asalkan kita disiplin, bertekad keras, dan bergotong royong," tuturnya.

Puan mengatakan penyelenggaraan PON XX Papua merupakan hasil kerja sama apik dari berbagai pihak. Masyarakat Papua juga berperan besar atas suksesnya PON XX.

"PON XX di Papua adalah perayaannya bangsa Indonesia yang melibatkan gotong royong begitu banyak Kementerian/Lembaga dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, atlet, pelatih, tenaga medis, dan berbagai elemen bangsa," ungkap Puan.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.