Cuitannya Dianggap Politis, Ini Respons Natalius Pigai

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 16:06 WIB
Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai menggelar konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2017). Komnas HAM memaparkan hasil penyelidikan terkait kontrak karya antara pemerintah Indonesia dan PT Freeport Indonesia terkait hak-hak masyarakat adat suku Amungme. (Ari Saputra/detikcom)
Natalius Pigai (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Relawan Jokowi Mania (JoMan) menuding cuitan Natalius Pigai yang menyebut 'jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi-Ganjar' sarat motif politis dan adu domba. Merespons itu, Natalius Pigai menegaskan cuitannya murni soal keadilan.

"Saya tidak paham politik. Ini murni soal keadilan, apa yang saya cuit itu karena waktu 2014 Jokowi lakukan persis seperti yang dilakukan Pak Ganjar di Papua kemarin," kata Pigai kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

Mantan Komisioner Komnas HAM itu mengklaim cuitannya mewakili ketidakadilan yang dirasakan rakyat Papua. Kata Pigai, cuitan itu sebagai bentuk perjuangan yang dia lakukan.

"Setelah Jokowi terpilih Papua justru makin hancur; kekayaan diambil, orangnya dibunuh dan harga diri rakyat Papua diinjak-injak. Ini sesuai dengan nilai perjuangan yang saya lakukan selama ini," ujarnya.

"Jika dikaitkan dengan politik, maka itu tuduhan yang tidak benar. Dalam cuitan saya itu jelas soal ketidakadilan (injustice) terhadap rakyat saya di Papua," lanjut Pigai.

Lebih lanjut, Pigai juga menegaskan bahwa dirinya merupakan penentang rasisme. Dia menilai orang yang melabeli dirinya rasis tidak memahami tulisan secara jernih.

"Saya adalah penentang rasisme paling terdepan. Tidak ada tweet saya yang isinya rasis. Mereka kait-kaitkan dengan rasisme karena sakit hati, dan kemampuan otaknya belum mampu mencerna secara jernih. Saya sudah sebut nama (subjek), frasa 'Orang Jawa Tengah Jokowi' itu 'AKSIOMA'," kata Pigai.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Alasan Pigai Sebut Jokowi-Ganjar Rasis Hingga Direspons Ganjar':

[Gambas:Video 20detik]