ADVERTISEMENT

Jangan Lagi Ada Salah Tilang Pengendara Angkut Sepeda di Mobil

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 14:32 WIB
Jakarta -

Sebuah video viral memperlihatkan pengemudi mobil kena tilang karena mengangkut sepeda di dalam di Jl Perimeter, kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Polda Metro memastikan membawa sepeda di dalam mobil diperbolehkan asal tak ganggu konsentrasi.


Viral di Medsos

Sebuah video viral memperlihatkan pengemudi mobil kena tilang polisi di Jl Perimeter, kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Pasalnya, mobil tersebut mengangkut sepeda di dalam.

"Dengan Bapak Rizki? Saya ini naik mobil di Jalan Perimeter Bandara. Jadi saya hari ini bawa sepeda nih katanya nggak boleh, nih sepedanya. Maaf ya temen-temen YouTuber, sorry nih saya bawa sepeda nih," ujar pengemudi mobil seperti dilihat di video viral.

Polisi bernama Rizki itu kemudian menjelaskan bahwa pengangkutan sepeda di mobil harus menggunakan alat khusus atau bracket. Perbincangan pengemudi mobil dan polisi berlangsung santai.

Pengemudi mobil tersebut kemudian menanyakan pasal yang akan dikenakan kepadanya?

"Tentang daya angkut barang Pasal 307 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, lihat di Google yah," katanya.

Si pengemudi kemudian menjelaskan dirinya membawa sepeda untuk diperbaiki.

"Ya nggak apa-apa ditilang dulu ya, Pak, ya," kata polisi lagi.


Dirlantas Polda Minta Maaf

Atas kejadian itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengakui anggotanya salah menerapkan pasal. Ia pun meminta maaf.

"Atas kejadian tersebut, kami mewakili Direktorat Lalu Lintas meminta maaf," kata Sambodo dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (30/9/2021).

Sambodo mengatakan ke depan pihaknya akan mengingatkan anggota terkait penerapan pasal dalam melakukan tilang. Sambodo juga memastikan anggota tersebut akan diberi sanksi.

"Akan mengingatkan kembali petugas di lapangan, khususnya terhadap petugas tersebut. Dan akan kita berikan sanksi sesuai kesalahannya," terang Sambodo.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT