Anak Nia Daniaty Pakai Video Anies Lantik CPNS, Korban Merasa Tertipu

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 20:34 WIB
Para korban anak Nia Daniaty kembali diperiksa polisi
Para korban anak Nia Daniaty kembali diperiksa polisi. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Korban dugaan penipuan anak Nia Daniaty, Olivia Nathania atau Oi, diperiksa polisi. Mereka mengungkap para korban diberikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS palsu.

Hal itu diungkap oleh Agustina setelah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Agustina, yang juga mantan guru Oi, menjelaskan pihaknya membawa bukti-bukti dugaan penipuan seleksi CPNS tersebut.

"Bawa (bukti), saya juga bawa SK, bawa kuitansi bukti chat, foto-foto, video call, video, nota dinas, SK dan berkas-berkas saat pendaftaran," ujar Agustina kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Sebelumnya Olivia berdalih tidak pernah menawarkan tes CPNS, melainkan les CPNS. Namun, Agustina mengaku punya bukti kuat bahwa Olivia menawarkan seleksi CPNS tanpa tes.

Agustina mengungkapkan modus Olivia menawarkan penerimaan CPNS tanpa tes itu seolah-olah menggantikan CPNS yang 'gugur' karena beberapa alasan.

"Silakan saja monggo (berdalih les CPNS). Tapi, kenyataannya (Oi menawarkan) CPNS pengganti, yang digantikan Oi gantikan orang yang sudah punya NIP digantikan kita jadi ngapain kita tes-tes segala," ujarnya.

Agustina mengatakan para CPNS itu tidak datang untuk les, melainkan untuk tes. Hanya, mereka tidak melewati tes sebagaimana mestinya.

Agustina mengungkapkan para korban juga diberi undangan pengambilan SK di Gedung Bidakara dan mengikuti 'pelantikan' secara virtual.

"Versi Olivia bisa ditanya ke peserta, mereka nggak ada yang les. Datang beri berkas, serahkan uang dan sudah nggak ada pertemuan lagi saat diberi undangan untuk pengambilan DK datang ke Gedung Bidakara ambil SK. Mereka Virtual Zoom untuk pelantikan dan selama 15 menit Zoom," jelasnya.

Simak di halaman selanjutnya, pelantikan bodong itu 'dihadiri Anies Baswedan'

Lihat Video: Korban Ngaku Sampai Jual Sawah demi 'Kursi' CPNS ke Anak Nia Daniaty

[Gambas:Video 20detik]