Data BPN Bogor: Lahan Rocky Gerung HGB atas Nama Sentul City

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 17:58 WIB
Kepala BPN, Sepyo Achanto
Kepala BPN Bogor, Sepyo Achanto (Wilda/detikcom)

Haris mengatakan kepemilikan surat tanah garapan Rocky memang belum disertifikatkan hak guna bangunan. Akan tetapi, syarat-syarat untuk memenuhi sertifikat itu telah dimiliki lengkap dan menguasai fisik.

"Nah, saya mau jelasin begini, yang punya tanah garapan itu bukan dia lemah, dia bisa berarti bahwa dia belum mensertifikatkan, tapi syarat-syarat untuk sertifikatnya yang lengkap, menguasai fisik, punya riwayat tanah, peralihan hak dalam hukum tanah ada yang disebut hak," ucapnya.

Peralihan hak yang dimiliki Rocky Gerung menurut Haris telah jelas dan terang benderang. Sejak 2009, Rocky telah memfungsikan tanah itu dengan menanam pohon.

Sementara itu, manajemen PT Sentul City memberikan penjelasan lengkap soal polemik dengan Rocky Gerung, termasuk pernyataan soal spekulan berdasi di lahan Bojong Koneng.

"Bahwa benar, terdapat berita dengan judul Sentul City Singgung Spekulan Berdasi di Lahan yang Ditempati Rocky Gerung dkk, di salah satu media massa online," demikian keterangan Sentul City melalui keterbukaan informasi dikutip pada Sabtu (11/9).

Sentul City memberikan penjelasan dalam rangka menanggapi surat Otoritas Jasa Keuangan Nomor: S-06535/BEI.PP1/09-2021, perihal Permintaan Penjelasan Atas Pemberitaan di Media Massa.

Kemudian pada 1994, HGU tersebut beralih menjadi HGB No.2 Bojong Koneng yang berlaku hingga 2013, dan pada 2012 dilakukan pemecahan serta perpanjangan HGB yang salah satu pecahannya adalah HGB No. 2411 yang diklaim di dalamnya oleh Rocky Gerung.

"Bahwa RG (Rocky Gerung) mendapatkan tanah tersebut dengan cara oper alih garapan dari H.Andi Junaedi (Narapidana kasus jual beli tanah Sentul City dan pemalsuan surat), dan surat oper alih garapan RG ditandatangani oleh Acep Supriatna Kepala Desa yang menjabat (cukup banyak kasus juga yang dilakukan oleh Acep Supriatna alias Ucok)," terang Sentul City.


(whn/rfs)