Mahfud Md Nilai Gatot Tak Perlu Buktikan Isu PKI: Ini Bukan Pengadilan

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 17:41 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md.
Menko Polhukam Mahfud Md (dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo dinilai perlu dipanggil untuk menyodorkan bukti soal eksistensi PKI. Menurut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md, Gatot tak perlu dituntut menyodorkan bukti atas wacananya.

"Tidak perlu juga pakai bukti-bukti, sebab ini hanya respons atas gejala yang tak jelas," kata Mahfud Md kepada detikcom, Kamis (30/9/2021).

Mahfud berpandangan bahwa Gatot tidak perlu dituntut bukti lantaran Gatot hanya berwacana. Bila orang berwacana dibebani kewajiban pembuktian, orang menjadi tidak bebas berbicara.

"Kalau setiap orang berwacana harus membuktikan, nanti orang tidak berani ngomong. Ini kan bukan pengadilan. Silakan berdiskusi untuk saling adu logika dalam melihat gejala," kata Mahfud.

Dia menangkap semangat Gatot lewat isu yang diembuskan mantan Panglima TNI itu soal keberadaan PKI. Menurut Mahfud, Gatot ingin menjaga ideologi Pancasila.

"Tidak perlu saya yang minta klarifikasi. Kan masyarakat sudah minta klarifikasi. Pak Gatot juga sudah ngomong tentang latar belakang pernyataannya. Pangkostrad sudah klarifikasi, masyarakat juga sudah menilai menurut pandangannya masing-masing. Maka ambil positifnya saja, ternyata kita semua ingin menjaga ideologi Pancasila," kata Mahfud.

Selanjutnya, pernyataan Gatot: