Mendukung Penggerakan UMKM Melalui Program 9 Womenpreneur Berkarya

Sarah Nuri Syahida-CXO Media - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 17:00 WIB
CXO Media
Foto: dok. CXO Media
Jakarta -

Setiap orang memiliki sisi kreativitas yang luar biasa apabila dihadapkan dengan keterbatasan. Seperti pandemi yang memberikan keterbatasan dua tahun terakhir, justru menghasilkan banyak opportunity baru.

Ini dibuktikan oleh para penggerak UMKM khususnya womenpreneur atau pengusaha perempuan. Riset membuktikan jumlah perempuan penggiat UMKM yang memulai bisnisnya dari salah satu e-commerce selama pandemi hampir 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki.

Berbicara mengenai womenpreneur, di balik fakta penggiat UMKM perempuan yang membuktikan kebiasaannya di kala pandemi, ada juga fakta yang cukup ironis. Menurut riset dari Harvard Business Review, pada 2020 start-up atau bisnis yang dipimpin wanita hanya menerima 2,3% dari pendanaan venture capital.

Kedua fakta tersebut menjelaskan bahwa dari potensi luar biasa yang dimiliki womenpreneur ternyata tidak diiringi dengan kesempatan yang setara dalam kacamata industri.

Melihat fenomena tersebut, Putri Tanjung sebagai seorang anak muda yang concern terhadap UMKM dan women empowerment, bertepatan momen ulang tahun dan peringatan 10 tahun perjalanannya berkarya, menginisiasi program '9 WOMENPRENEUR BERKARYA' yang didukung langsung oleh Lenovo Indonesia.

Dalam program '9 WOMENPRENEUR BERKARYA' Putri Bersama Lenovo dan Microsoft akan memberikan kesempatan kepada 9 womenpreneur terpilih. Mereka akan mendapatkan dukungan berupa laptop yang ditenagai Windows 10 Pro dan hadiah spesial dari Lenovo, serta mentorship terkait entrepreneurship langsung oleh Putri Tanjung beserta 5 mentor terbaik di bidangnya yang akan sharing ilmu mengenai Business Growth, Build Investable Business hingga Business Marketing.

Mentorship akan dilakukan dalam 3 hari pada 20-22 Oktober 2021. Program '9 WOMENPRENEUR BERKARYA' ini diadakan untuk memberikan apresiasi serta kesempatan kepada womenpreneur terpilih agar dapat evolve dan berkarya bagi Indonesia dengan dukungan yang diberikan Putri Tanjung bersama Lenovo Indonesia.

Maka dari itu dalam program ini, Putri bersama Lenovo bukan hanya mencari womenpreneur yang memiliki potensi dalam bisnisnya, namun juga mereka yang membangun bisnis dengan melibatkan kepedulian terhadap impact yang diberikan bisnis tersebut.

Berkaitan dengan hal itu, salah satu syarat untuk dapat terpilih dan memperoleh kesempatan dari Putri dan Lenovo ialah bisnis memiliki impact nyata minimal satu poin berkaitan dengan daftar 17 SDGs atau Sustainable Development Goals yang dibuat oleh United Nations. Putri dan Lenovo percaya, bisnis yang bukan hanya memiliki potensi profit, namun impact positif kepada sekitar akan mampu memberikan karya yang luar biasa untuk Indonesia.

Jadi, untuk kalian founder perempuan dari usaha kecil dan menengah, membangun bisnis yang memiliki impact satu poin berkaitan dengan daftar 17 Sustainable Development Goals, dan follow Instagram account @lenovoid, dapatkan kesempatan untuk mengikuti program '9 WOMENPRENEUR BERKARYA' dengan mendaftarkan diri melalui bit.ly/9WomenpreneurBerkarya atau bisa cek Instagram @lenovoid dan @putri_tanjung.

Pendaftaran dibuka dari 22 September 2021 dan akan ditutup pada 8 Oktober 2021. 9 womenpreneur yang terpilih akan diumumkan pada 16 Oktober 2021.

Melalui program '9 WOMENPRENEUR BERKARYA' diharapkan dapat melahirkan 9 womenpreneur yang mampu menginspirasi womenpreneur lainnya untuk dapat sukses bukan hanya dalam skala bisnis, namun juga manfaat yang ditebar. Dari program ini juga semoga dapat membukakan jalan kepada seluruh womenpreneur agar terus semangat dalam berkarya untuk Indonesia.

(ads/ads)