Diperiksa soal Alex Noerdin, Eks Wagub Curhat Hanya Hadiri Wisuda-Undangan

Prima Syahbana - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 13:17 WIB
Mantan Gubernur Sumsel Eddy Yusuf (Prima Syahbana/detikcom)
Mantan Wakil Gubernur Sumsel Eddy Yusuf (Prima Syahbana/detikcom)
Palembang -

Sejumlah saksi dalam kasus pembelian gas bumi oleh PDPDE yang menyeret mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin sebagai tersangka diperiksa di Kejati Sumsel. Wagub Sumsel periode 2008-2013, Eddy Yusuf, yang diperiksa bersama 8 saksi lainnya mengaku tak punya kewenangan kala itu.

"Saat itu saya sebagai Wakil Gubernur Sumsel sekaligus pengawas. Saya tidak tahu apa-apa (dalam kasus ini)," kata Eddy Yusuf kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Kejati Sumsel, Rabu (29/9/2021).

Eddy mengakui dirinya mendatangi kantor Kejati Sumsel dalam memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus tersebut.

"Pertanyaannya (pertanyaan penyidik) masalah yang sudah terjadi inilah," katanya.

Eddy Yusuf sedikit berkeluh kesah lantaran pertanyaan yang dilontarkan penyidik dinilai sama dan berulang. Sama halnya ketika dia menjalani pemeriksaan di Jakarta.

"Pertanyaan yang ditanyakan berulang-ulang, sama seperti waktu diperiksa di Jakarta Kemarin. Masih tentang kasus PDPDE yang uangnya diselewengkan oleh yang sudah ditangkap Kejagung kemarin. Kalau sampai ditangkap berarti ada penyelewengan itu. Kalau tidak ada pasti tidak ditangkap," katanya.

Dijelaskannya, saat itu dia ditunjuk sebagai pengawas berdasarkan penunjukan dari Alex Noerdin sebagai gubernur kala itu. Dia mengaku sama sekali tidak diberi kewenangan apa pun dalam menjalankan pemerintahan.

"Sebagai mantan pejabat, saya prihatin dengan dengan adanya kasus ini. Namun saat itu saya sudah bisa membayangkannya dari awal, jika akan terjadi hal seperti ini. Kerjaan saya hanya menghadiri wisuda, undangan-undangan resmi saja. Tadi juga selain saya ada Pak Ishak Mekki turut diperiksa," jelasnya.

Sebelumnya, kejaksaan memeriksa sembilan orang saksi kasus dugaan korupsi gas bumi di Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumsel yang menjerat mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Dua saksi di antaranya ialah mantan wakil Gubernur Sumsel, Eddy Yusuf dan Ishak Mekki.

"Iya benar ada sembilan orang saksi yang diperiksa, dua di antaranya mantan Wakil Gubernur Sumsel inisial ES dan IM," kata Kasi Penerangan Hukum Kejati Sumsel, Khaidirman, kepada wartawan, Rabu (29/9/2021).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.