Tinjau Vaksinasi, Puan Disambut Warga Sampai Dibekali Kerupuk

Erika Dyah - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 11:36 WIB
DPR RI
Foto: DPR RI
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau vaksinasi door to door yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Kegiatan ini berlangsung di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam tinjauanya pada Rabu (29/9), Puan didampingi oleh Kepala BIN Budi Gunawan. Keduanya juga mengunjungi beberapa UMKM yang ada di lokasi tersebut. Diketahui, Puan disambut oleh sejumlah anak-anak di lokasi yang mengucapkan selamat datang kepada Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini diketahui turut membagikan buku dan alat tulis untuk anak-anak yang berada di lingkungan vaksinasi ini. Ia pun mendatangi rumah-rumah warga yang menjalani vaksinasi.

"Anaknya sudah semua divaksin? Bapak, ibunya semua yang di rumah juga sudah? Pokoknya ajak semua, om dan tantenya, semua divaksin supaya sehat," ujar Puan dalam keterangan tertulis, Kamis (30/9/2021).

Puan mengungkap pemukiman warga yang didatanginya berada di pinggiran Setu. Ia mengatakan daerah tersebut juga merupakan sentra UMKM kerupuk sehingga dirinya sekaligus melihat proses pembuatan kerupuk di lokasi tersebut.

Dalam kesempatan ini, ia bertanya kepada pemilik usaha kerupuk bernama Ilyas mengenai efek pandemi pada bisnis penjualan kerupuk yang biasanya didistribusikan ke pasar-pasar. Ilyas mengungkap bahwa bisnis UMKM-nya masih laku, terlebih usahanya sudah dijalankan secara turun menurun.

"Alhamdulillah ya masih laku. Sehat-sehat terus ya pak," timpal Puan.

Selain itu, ada juga seorang warga yang menghampiri dan meminta Puan untuk mampir ke rumahnya. Ibu-ibu berusia lanjut ini mengungkap harapannya untuk bisa bertemu dengan mantan Menko PMK tersebut.

"Oh iya ibu Assalamualaikum, sehat-sehat ya ibu. Emang ibu-ibu tahu saya siapa?" tanya Puan saat mendatangi rumah warga.

"Tahu dong ibu, Ibu Puan Maharani Ketua DPR RI," jawab para warga.

Menanggapi hal tersebut, Puan pun bertanya kepada ibu-ibu setempat apakah warga baru mengetahui dirinya karena kunjungan ini yang kemudian dijawab bahwa ibu-ibu di sana sudah lama mengetahui sosok Puan.

"Enggak ibu sudah dari dulu. Dari saya sekolah sudah tahu, kan anaknya Ibu Megawati," ujar warga.

Pada kesempatan ini, Puan turut meninjau pos kesehatan BIN yang tak hanya melayani vaksinasi, tapi juga tes antigen gratis. Ia pun mengingatkan warga akan pentingnya menjaga protokol kesehatan secara terus menerus.

Puan menjelaskan ia bersama Budi Gunawan mengelilingi kompleks RW 11 Kelurahan Karadenan. Di lokasi ini, petugas kesehatan bahkan mendatangi tempat pemancingan untuk mengajak masyarakat mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Dalam tinjauannya di sekitar pemancingan, Puan mengatakan dirinya didatangi seorang warga penjual asinan bernama Nenah. Menurut Puan, Nenah memberikan asinan dagangannya sebagai oleh-oleh.

Nenah bersama sejumlah warga turut mengabadikan momen Puan yang berkunjung ke lingkungan rumah mereka. Lagi-lagi, Puan pun bertanya apakah warga mengenali dirinya hingga sampai memberikan oleh-oleh makanan.

"Tahu dong Bu Puan, kan penggemar. Tahu banget bu. Sukses terus ya Bu Puan," tutur salah satu warga.

Mendengar jawaban tersebut, Puan menyampaikan terima kasih dan terus mengingatkan warga untuk segera vaksin. Ia menambahkan, dalam beberapa kesempatan dirinya juga diberi kerupuk berondong oleh sejumlah pemilik UMKM.

Tak ketinggalan, Puan juga sempat mendatangi bengkel variasi mobil milik warga bernama Faisal yang dijual secara online dan mendoakan agar usaha tersebut terus lancar dan tetap semangat.

Selain berbincang dengan warga, Puan juga berdiskusi dengan para tenaga kesehatan yang menjadi vaksinator pada program vaksin door to door di RW 11 Kelurahan Karadenan, Cibinong. Ia juga mengapresiasi langkah BIN yang menjemput bola masyarakat dalam upaya percepatan vaksinasi.

"Kami di DPR akan terus mendukung proses-proses yang dilakukan bersama seluruh elemen bangsa ini," pungkasnya.

Simak video 'Terbahaknya Puan Dikira Adik Megawati':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)