Fakta di Balik Viral Pegawai Swalayan Curhat Gaji Dipotong-Dijerat UU ITE

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 11:18 WIB
Cerita pegawai swalayan di Lampung gajinya dipotong, dipecat, didenda hingga dijerat UU ITE ramai dibahas di medsos. Begini faktanya. (dok Istimewa)
Cerita pegawai swalayan di Lampung gajinya dipotong, dipecat, didenda, hingga dijerat UU ITE ramai dibahas di medsos. Begini faktanya. (Foto: dok Istimewa)
Lampung -

Seorang perempuan di Lampung bernama Lisa Amelia melampiaskan emosi tentang pemotongan gaji di media sosial (medsos). Namun cerita Lisa itu membuat Lisa terjerat UU ITE.

Begini awal mula ceritanya.

Cerita Lisa ini viral di medsos dan menarik simpati banyak pihak. Lisa membagikan cerita itu ke akun Facebook (FB) bernama Lisa Amelia.

Dalam unggahan itu, Lisa memposting foto slip gaji yang tertera bertanggal 25 September 2021. Dari slip gaji tersebut, tertulis Lisa Amelia bekerja di JS Swalayan.

Lisa disebut bekerja sebagai kasir. Di lembaran tersebut, tertulis alamat ialah Pringsewu Barat, Pringsewu.

Akun FB Lisa Amelia saat ini sudah tidak dapat ditemukan. Status postingan Lisa Amelia yang beredar pun hanya tangkapan layar (screenshot).

Screenshot yang masih beredar di medsos ialah postingan slip gaji dan klarifikasi Lisa Amelia terkait postingan slip gaji yang viral tersebut.

"Ya ampun (emotikon sedih). Udah gaji kecil, kena potongan segini banyak juga. Capek kerja nonstop sebulan cumen dihargain 368rb. Ini mah bayar kosan aja gak cukup. Boro-boro makan. (emotikon menangis)," demikian tulisan akun Lisa Amelia tersebut yang disertai foto slip gaji.

Cerita miris Lisa ini banyak menarik simpati warganet karena hasil kerjanya selama sebulan hanya dibayar senilai Rp 368 ribu. Uang itu dia terima setelah ada pemotongan-pemotongan.

Berdasarkan rincian gaji yang diunggah Lisa, tertulis Lisa menerima gaji pokok sebesar Rp 1 juta dan tambahan bonus perilaku baik sebesar Rp 50 ribu.

Dari jumlah tersebut, gaji Lisa dipotong atas tiga poin, yakni cuti sakit 3 hari (dipotong Rp 300 ribu), terlambat 1 hari (dipotong Rp 150 ribu), dan kompensasi barang hilang (Rp 232 ribu) sehingga total potongan gaji Lisa Rp 682 ribu.

Lisa Ngaku Dituntut UU ITE

Di unggahan lainnya, Lisa mengunggah permintaan maaf. Unggahan klarifikasi itu juga beredar di media sosial berbentuk screenshot sama dengan screenshot postingan Lisa terkait gaji sebelumnya.

Screenshot klarifikasi Lisa Amelia terdiri atas permintaan maaf yang ditujukan kepada empat pihak serta penjelasan kasus secara singkat. Dia meminta maaf kepada JS Swalayan, toko-toko terdampak postingan yang viral, pemerintah Kecamatan Pringsewu, dan warganet.

Dalam klarifikasi tersebut, Lisa juga mengaku diberhentikan dan didenda oleh pihak JS Swalayan. Selain itu, Lisa mengaku dituntut Pasal 45 UU ITE.

Simak juga 'Banyak Remaja Pelaku Penodaan Agama Dijerat UU ITE':

[Gambas:Video 20detik]