Sempat Terputus, Jalan Tertimpa Longsor di Bengkulu Tengah Kini Bisa Dilalui

Hery Supandi - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 10:00 WIB
Tanah longsor di kilometer 41, Liku Sembilan, Desa Tanjung Heran, Kecamatan Penanjung, Bengkulu Tengah
Tanah longsor di Kilometer 41, Liku Sembilan, Desa Tanjung Heran, Kecamatan Penanjung, Bengkulu Tengah (Hery Supandi/detikcom)
Bengkulu Tengah -

Akses jalan di Kilometer 41, Liku Sembilan, Desa Tanjung Heran, Kecamatan Penanjung, Bengkulu Tengah, Bengkulu, kembali bisa dilalui kendaraan. Sebelumnya, ruas jalan tersebut tertutup material tanah longsor.

Putusnya akses jalan terjadi hingga pagi tadi. Proses pembersihan jalan sempat terkendala lantaran alat berat untuk mengangkut material longsor rusak.

"Pukul 07.00 WIB tadi jalan bisa dilalui, tapi menggunakan sistem buka tutup. Akibatnya, kendaraan masih mengalami antrean panjang," kata Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Bengkulu Tengah Andri Edo Saputra saat dimintai konfirmasi (30/9/2021).

Andri menuturkan saat ini sebagian bahu jalan masih tertimbun tanah. Andri kemudian menjelaskan alat berat yang digunakan untuk membersihkan jalan berasal dari Denzipur TNI.

Andri menjelaskan pihaknya sedang mengupayakan mendatangkan lagi alat berat untuk mengangkut seluruh material longsor agar jalan dapat beroperasi normal kembali.

Diberitakan sebelumnya, pemicu longsor adalah hujan di sekitar lokasi dengan intensitas tinggi. Longsor terjadi pada Rabu (29/9/2021) pukul 19.30 WIB.

Material tanah longsor itu menutupi badan jalan sepanjang kurang-lebih 30 meter. Material longsor menutupi seluruh badan jalan dengan ketebalan sekitar 4 meter.

Longsor ini sempat mengakibatkan kemacetan hingga 5 kilometer dari kedua arah. Tim kedaruratan BPBD Bengkulu Tengah kemudian berkoordinasi dengan pihak Badan Jalan Nasional untuk meminta bantuan alat berat dalam rangka evakuasi dan menyingkirkan material tanah longsor.

Simak juga 'Longsor Terjang 10 Titik di Ciamis, Timbun Jalan Penghubung-Rumah Rusak':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)