Sandiaga Dinilai Belum Punya Tiket Nyapres Meski Relawan Mulai Muncul

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 07:48 WIB
Hendri Satrio
Hendri Satrio (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Relawan Kawan Sandi muncul dan mendeklarasikan diri mendukung Sandiaga Uno sebagai calon presiden 2024. Meski ada dukungan relawan, Sandiaga dinilai belum punya tiket sebagai capres 2024.

"Mas Sandi ini PR-nya sama seperti calon-calon presiden lain yang bukan ketua umum partai politik, belum punya tiket," kata pakar politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio atau Hensat, kepada wartawan, Rabu (29/9/2021) malam.

Dia menilai kehadiran relawan ini bisa menjadi pemicu partai, khususnya Gerindra, melirik Sandiaga sebagai bakal capres 2024. Meski demikian, Sandiaga harus berupaya menyaingi Prabowo Subianto, yang merupakan Ketum Gerindra.

"Kehadiran relawan-relawan ini bisa membuka suara tersendiri, terutama di Gerindra. Jadi setidaknya Gerindra itu terbuka matanya, ada calon lain selain Pak Prabowo," ujarnya.

Sejumlah elite dan kader Gerindra telah menyatakan bakal mendukung Prabowo Subianto untuk maju di Pilpres 2024. Namun, katanya, tak ada salahnya jika Gerindra mengusung calon selain Prabowo.

"Kalau Gerindra ini mau bagus perjalanan ke depannya, akan sangat bagus kalau Gerindra mendorong pemuda seperti Sandi. Memang ada Pak Prabowo, Pak Prabowo kan sudah berpengalaman dalam kontestasi capres, maka sebaiknya mencoba calon lain sebagai capres, ya Mas Sandi ini," tuturnya.

Dia menilai kemunculan relawan menuju Pilpres 2024 memiliki sejumlah keuntungan bagi tokoh yang mendapat dukungan. Salah satunya, kata Hensat, tokoh tersebut seolah-olah memiliki banyak pendukung.

"Pertama, mereka bisa memperkenalkan calon mereka ini ke masyarakat tanpa harus si calon bersusah-susah pencitraan. Jadi ada yang meng-endorse si calon," ujarnya.

"Kedua, mereka bisa mencitrakan si calon ini banyak pendukungnya," sambungnya.

Sebelumnya, sejumlah pedagang pasar, tokoh adat, hingga tokoh agama mendeklarasikan Menparekraf Sandiaga Uno sebagai calon presiden (capres) 2024. Deklarasi dukungan untuk Sandiaga itu disampaikan di pasar tradisional di Lombok.

"Kita adakan di pasar umum, pasar tradisional. Kita kemarin jujur saja seluruh potensi dan talenta yang ada kita koordinir. Dari Lombok Utara, Lombok Barat, Mataram, dan Lombok Timur, Lombok Tengah, untuk ajak gabung ke sini," sebut Ketua Relawan Kawan Sandi wilayah Lombok, Ahmad Roji,

Nama Sandiaga Uno memang tidak asing dalam bursa capres 2024. Sandiaga juga pernah maju sebagai cawapres pada Pilpres 2019 berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Simak video 'Respons Sandiaga Ditanya soal Pilpres: Saya Fokus Urus Parekraf':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/haf)