Round-Up

Menanti Keputusan Novel Baswedan dkk soal Direkrut Polri

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 06:09 WIB
Pegawai KPK yang lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) akan dilantik menjadi ASN hari ini. TNI-Polri hingga kendaraan taktis disiagakan di depan gedung KPK, Jakarta.
Foto ilustrasi bayangan Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mau merekrut puluhan pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah setuju. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md sudah bicara juga. Kini tinggal bagaimana keputusan Novel dan kawan-kawan, apakah mau direkrut Polri atau tidak.

Jenderal Sigit mengaku telah bersurat ke Presiden Jokowi perihal keinginannya untuk merekrut puluhan pegawai KPK itu untuk menjadi ASN. Sebagaimana diketahui, puluhan pegawai KPK itu tidak lolos TWK sehingga tidak menjadi ASN. Namun kini, Jenderal Sigit ingin mengangkat mereka menjadi ASN.

"Kemudian kemarin tanggal 27 kami mendapatkan surat jawaban dari Bapak Presiden melalui Mensesneg secara tertulis prinsipnya beliau setuju 56 orang pegawai KPK tersebut untuk menjadi ASN Polri tentunya kami diminta untuk menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan MenPAN-RB dan BKN. Oleh karena itu, proses saat ini sedang berlangsung, mekanismenya seperti apa, saat ini sedang kami diskusikan untuk bisa merekrut 56 orang tersebut menjadi ASN Polri," kata Sigit, Selasa (28/9) kemarin.

Kapolri Jenderal Sigit ingin merekrut Novel dkk karena pengalaman mereka dalam pemberantasan korupsi. Nantinya, Novel dkk hendak diberdayakan untuk mengawal program penanggulangan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional, serta kebijakan strategis lainnya.

"Kenapa demikian? Karena kita melihat terkait dengan rekam jejak dan tentunya pengalaman di dalam penanganan tipikor yang tentunya itu sangat bermanfaat untuk memperkuat jajaran organisasi yang saat ini sedang kita kembangkan, untuk memperkuat organisasi Polri," imbuhnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit PrabowoKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Foto: Dok. Mabes Polri

Selanjutnya, tanggapan Mahfud Md:

Simak video 'Apresiasi 57 Pegawai KPK untuk Tawaran Jadi ASN Polri':

[Gambas:Video 20detik]