Vaksin Biofarma Adalah dari Bulk Sinovac, Ini Sederet Faktanya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 14:00 WIB
Vaksin Biofarma
Vaksin Biofarma Adalah dari Bulk Sinovac, Ini Sederet Fakta yang Perlu Diketahui (Firdaus Anwar/detikcom)
Jakarta -

Vaksin Biofarma adalah dari bahan mentah (bulk) vaksin Sinovac. Namun masih banyak orang dibuat bingung oleh vaksin buatan PT Bio Farma tersebut.

Vaksin ini juga digunakan dalam program vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Ini serba-serbi soal vaksin Biofarma yang perlu diketahui masyarakat, seperti dirangkum detikcom berikut.

Mengenal Vaksin Biofarma

Vaksin Biofarma adalah berasal dari bahan baku (bulk) vaksin Sinovac. Lalu bagaimana penjelasannya?

Merujuk situs resmi BPOM, vaksin biofarma memiliki kandungan dan profil khasiat hingga keamanan yang sama dengan vaksin CoronaVac produksi Sinovac China. Namun lokasi produksi dan pabrik pengemasannya berbeda.

Vaksin CoronaVac produksi Sinovac sudah dalam bentuk jadi saat didatangkan ke Indonesia. Sedangkan vaksin Biofarma masih perlu dikemas lagi dari bulk yang diterima PT Bio Farma.

Pada Februari lalu, BPOM sudah memberikan izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Biofarma. Dengan demikian, vaksin Biofarma buatan perusahaan farmasi BUMN dinyatakan aman dan bisa digunakan masyarakat.

Persamaan-Perbedaan Vaksin Biofarma dan Sinovac China

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, vaksin Biofarma sama dengan vaksin Sinovac. Perbedaan kedua vaksin hanya terletak pada tempat produksi dan bentuk kemasan.

Meski berasal dari bahan yang sama, vaksin BioFarma tetap memiliki EUA berbeda dengan CoronaVac.

"Adanya perbedaan tempat produksi, perbedaan kemasan dari single dose menjadi multiple dose, maka sesuai peraturan wajib diregistrasikan untuk mendapatkan persetujuan izin edar ataupun EUA," jelas Kepala Badan POM, Penny K Lukito.

Vaksin Biofarma: Nama-Kemasan

Informasi lain mengenai vaksin Biofarma adalah terkait nama vaksin. Merilis situs Satgas COVID-19, vaksin Biofarma mengantongi izin dengan nomor EUA2102907543A1. Vaksin langsung diresmikan oleh Kepala BPOM.

Saat peresmian, vaksin Biofarma dinamai vaksin COVID-19. Vaksin ini memiliki bentuk sediaan vial 5 ml, berisi 10 dosis.

Vaksin Biofarma dikemas dalam dus berisi 10 vial dan stabil disimpan pada suhu 2°-8°C. Setiap vial dilengkapi dengan 2D Barcode yang menunjukkan identitas masing-masing vial dengan tujuan untuk melakukan tracking dan mencegah vaksin palsu.

Selanjutnya soal vaksin biofarma dapat dilihat di halaman selanjutnya