Begini Cara Dealer Hitung Uang Koin Dipakai Pria Beli Mobil Rp 271 Juta

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 10:53 WIB
Pria di Makassar beli mobil pakai uang koin.
Sembilan galon uang koin dipakai pria di Makassar untuk membeli mobil seharga Rp 271 juta. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Pria bernama Asriadin di Makassar viral di media sosial (medsos) setelah membeli mobil Rp 271 juta menggunakan uang koin. Dealer sampai harus menunda penghitungan uang koin karena harus dirapikan terlebih dahulu.

"Kita pending dulu hitungannya karena memang harus dirapi-rapikan dulu," ucap Kepala Cabang Dealer Toyota di Makassar, Arif, saat dimintai konfirmasi, Selasa (28/9/2021) malam.

Dia mengatakan Asriadin sebelumnya memang datang ke kantornya beberapa waktu lalu dan menyampaikan keinginan membeli mobil. Asriadin juga menjelaskan uang yang akan dia gunakan adalah uang koin.

"Awal mulanya kemarin dia datang ke kantor, tanya-tanya mau beli Rush, lalu kemarin juga itu langsung dia kasih tanda jadi Rp 10 juta pada saat itu, kemudian kita sampaikan, kita informasikan unitnya, dan dia juga bilang, 'Bolehkah saya bawa tabungan saya ke sini dengan uang receh'," ucap Arif.

Arif mengaku pihaknya tak mempermasalahkannya karena uang koin juga merupakan alat pembayaran yang sah. Hanya, lanjut dia, pihaknya memang butuh waktu menghitung uang koin milik Asriadin.

Asriadin membawa uang koin dalam sembilan galon itu ke dealer. Tabungan tersebut dikumpulkan dari hasil penjualan sembako, yang disebutnya barang campuran.

"Terpaksalah kita kerahkan karyawan kita yang di bagian administrasi untuk membantu kasir tadi untuk merapikan dulu, karena kan kita harus rapikan dulu uang-uangnya itu. Kita hitung kekuatan, kita rapikan," ucap Arif.

Dia mengatakan uang koin sebanyak sembilan galon itu memang tak bisa langsung dihitung. Perlu waktu merapikan, kemudian dihitung dan dibawa ke bank.

"Uang recehnya baru kita susun-susun dulu sesuai dengan jumlahnya (jenis pecahannya) karena harus dikelompokkan, baru diisolasi-isolasi begitu," pungkas Arif.

Diberitakan sebelumnya, Asriadin selaku pemilik uang koin mengaku uang itu telah dikumpulkan dari hasil penjualan sembako.

Dia mengaku menanamkan rasa optimisme dalam dirinya bahwa dia juga akan punya mobil impian. Optimisme tersebut membuat tabungan Asriadin benar-benar cukup untuk beli mobil.

"Setidaknya saya bisa (beli mobil). Kalau orang lain bisa, saya juga pasti bisa," tutur Asriadin kepada wartawan, Selasa (28/9).

Simak juga 'Viral Oro-oro Kesongo di Blora Menyembur Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)