Bakal Jadi Waka DPR, Lodewijk Dinilai Diterima Semua Kalangan Golkar

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 08:00 WIB
Poll Lodewijk Paulus
Lodewijk F Paulus (Istimewa)
Jakarta -

Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus digadang-gadang akan menduduki jabatan Wakil Ketua DPR RI yang ditinggalkan Azis Syamsuddin. Golkar dinilai menunjuk Lodewijk menggantikan Azis karena sosoknya dapat diterima semua kalangan

Direktur Parameter Politik Adi Prayitno menjelaskan kemungkinan alasan Golkar memilih Lodewijk mengisi jabatan Wakil Ketua DPR RI. Dia menyebut salah satunya karena Lodewijk cenderung bisa diterima semua kalangan.

"Belakangan nama Sekjen Golkar Lodewjik menguat menggantikan posisi Aziz Syamsuddin. Sebuah pilihan tepat karena relatif bisa diterima semua kalangan, di Golkar banyak faksi yang tentunya berminat menggantikan Azis. Lodewijk dinilai sebagai sosok yang bisa diterima berbagai kalangan di internal Golkar sehingga tak terjadi gejolak," kata Adi saat dihubungi, Selasa (28/9/2021).

Kemudian, Adi menilai Lodewijk memiliki kapasitas mengisi jabatan Wakil Ketua DPR bidang polhukam. Menurutnya, itu terbukti karena Lodewijk merupakan mantan TNI dan saat ini duduk di kursi Sekjen Partai Golkar.

"Sangat pas. Pak Lodewijk mantan tentara dan saat ini Sekjen Golkar tentunya sangat paham tentang persoalan polhukam. Kombinasi mantan tentara dan sekjen Golkar saya kita sangat cocok untuk didapuk sebagai Wakil Ketua DPR gantikan Azis," ucapnya.

Lebih lanjut, Adi menyebut Lodewijk juga orang penting di partai yang dekat dengan Airlangga. Integritasnya sebagai politikus juga dinilai cukup baik selama ini.

"Orang penting di partai dan menjaga stabilitas internal Golkar. Posisinya sebagai sekjen juga menjadi bukti sahih Lodewijk sudah dekat Airlangga. Tak ada yang meragukan kedekatan kedua tokoh ini. Dan yang paling penting integritas Lodewijk cukup baik selama ini," lanjutnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video '3 Waketum Baru Golkar dan Nasib Kursi Azis Syamsuddin di Senayan':

[Gambas:Video 20detik]