detikcom Do Your Magic

Perlu Perbaikan Turap-Keruk Kali Agar Jalan Hek Kramat Jati Tak Tergenang

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 05:32 WIB
Jl Raya Bogor, di Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur, terendam.
Jl Raya Bogor di Kawasan Hek, Kramat Jati tergenang karena limpahan air Kali Baru (dok. pasangmata).
Jakarta -

Pemerintah Kecamatan Kramat Jati menyampaikan ada beberapa penyebab Jl Raya Bogor, Kawasan Hek di pinggir Kali Baru tergenang. Salah satunya, soal turap yang rusak.

"Penyebab air menggenang di Jl Bogor, posisi tanggul Kali Baru lebih tinggi daripada Jalan Raya Bogor. Terdapat turap kali yang rusak panjang 5 meter," ucap Camat Kramat Jati Rudy Syahrul, Selasa (28/9/2021).

Kemudian, air kiriman dari bagian hulu, khususnya Bogor pun disebut memiliki pengaruh. "Kiriman air dari Bogor yang volumenya sangat tinggi," kata Rudy.

Untuk itu, Rudy menyebut akan ada beberapa langkah penanganan. Seperti perbaikan tanggul hingga pengerukan kali.

"solusi, perbaikan turap yang jebol, peninggian turap, pengerukan Kali Baru, pembuatan sodetan Kali Baru ke arah Kali Cipinang di Kampung Dukuh," ujarnya.

Diketahui air di Kali Baru meluber sehingga menggenangi Jl Raya Bogor, Kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur. Menurut laporan, sudah dua hari air menggenangi jalan.

Jumadi Suroso melaporkan peristiwa tersebut kepada PasangMata detikcom. Dia melaporkan sudah dua pagi ini Jl Raya Bogor di Kawasan Hek terganggu.

Dari foto yang dikirimkan oleh Jumadi, terlihat jalanan tergenang air. Tinggi air sekitar 15 cm atau setinggi bagian bawah ban.

Kondisi itu disebut terjadi pada Selasa (28/9) pukul 07.00 WIB. Pengendara, khususnya sepeda motor, harus berhati-hati dan menurunkan kecepatannya.

"Saya lewat, selalu lewat situ, sudah dua pagi, kemarin sama pagi ini. Biasanya lebih gede, orang-orang pada jatuh," kata Jumadi saat dihubungi, Selasa.

Simak juga 'Siswa-Guru Naik Rakit ke Sekolah, Pemkab Sidrap Janji Bangun Jembatan':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)