66 Kasus Positif Corona saat PTM, DKI Tes PCR Sampling di 46 Sekolah

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 03:55 WIB
Jakarta -

Pemprov DKI melakukan active case finding atau telusur kasus di sejumlah sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di Ibu Kota. Tes PCR secara acara dilakukan untuk menindaklanjuti temuan Kemenkes terkait 66 kasus positif COVID-19 selama PTM.

"Saat ini, Dinas Kesehatan sedang melakukan active case finding, yaitu melakukan tes PCR secara sampling di 46 sekolah yang mengikuti PTM terbatas," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (28/9/2021) malam.

Sementara ini, Pemprov DKI hanya menemukan 7 kasus positif COVID-19 yang menjangkiti siswa maupun guru di sekolah yang melaksanakan PTM. Riza juga memastikan sekolah yang punya temuan kasus sudah ditutup sementara.

"Ada di SDN Klender 03 sebanyak 2 kasus positif. SMK 66 Jakarta seorang guru terpapar, tapi kemungkinan terpapar di rumah. SD Pondok Ranggon 2 seorang siswa diduga terpapar di rumah, SMP PGRI 20 seorang guru positif diduga dari luar sekolah. SMA 25 satu orang guru positif. SMA 20 satu siswa positif," jelasnya.

Lebih lanjut politikus Gerindra itu menyampaikan, baik guru dan siswa bisa saja terpapar tidak di dalam sekolah.

"Karena bisa saja, terpapar di rumah, di perjalanan, karena kita tahu di perjalanan, bisa saja menggunakan transportasi publik yang dimungkinkan terpapar di perjalanan," ujarnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya membeberkan data COVID-19 saat PTM Jakarta. Budi menyatakan terdapat 66 kasus positif COVID-19 dari sejumlah sekolah yang melakukan PTM pada periode 1-21 September.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: