Polri: Kapolri Rekrut 56 Pegawai KPK Tak Lolos TWK Itu Niat Baik

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 21:58 WIB
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo siap merekrut 56 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi ASN Polri di Dittipidkor Bareskrim. Polri mengatakan Kapolri punya niat baik dengan merekrut mereka.

"Niat baik itu (Kapolri rekrut 56 pegawai KPK tak lolos TWK)," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi, Selasa (28/9/2021).

Namun Argo belum membeberkan bagaimana proses perekrutan 56 pegawai KPK yang tak lolos TWK itu menjadi ASN Polri. Dia menegaskan proses masih berjalan.

"Ya sabar. Proses kan sedang berjalan," imbuhnya.

Sebelumnya, Jenderal Sigit siap merekrut 56 pegawai KPK yang tak lolos TWK. Sigit mengaku sudah mengantongi izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sigit awalnya mengirimkan surat kepada Jokowi pada Jumat lalu. Isinya meminta persetujuan Jokowi terkait perekrutan 56 pegawai KPK gagal TWK.

"Kami berkirim surat kepada Bapak Presiden untuk memohon terhadap 56 orang yang melaksanakan tes TWK, yang tidak lulus dites, tidak dilantik jadi ASN KPK, untuk bisa kami tarik, kemudian kami rekrut menjadi ASN Polri," kata Sigit kepada wartawan saat kunjungan kerja di Papua, Selasa (28/9).

Surat itu kemudian mendapatkan balasan. Jokowi merestui usulan dari Kapolri.

"Kemudian kemarin, tanggal 27, kami mendapatkan surat jawaban dari Bapak Presiden melalui Mensesneg secara tertulis. Prinsipnya, beliau setuju 56 pegawai KPK tersebut untuk bisa menjadi ASN Polri," ujar Sigit.

(jbr/jbr)