Arti Kata Interpelasi dan Aturannya, Diajukan di DPRD DKI soal Formula E

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 19:39 WIB
Arti Kata Interpelasi dan Aturannya, Diajukan di DPRD DKI soal Formula E
Arti Kata Interpelasi dan Aturannya, Diajukan di DPRD DKI soal Formula E -- Foto: Suasana rapat paripurna hak interpelasi Formula E (Tiara/detikcom)

Rapat Paripurna Pengusulan Interpelasi Hari Ini Batal

Sidang paripurna DPRD DKI Jakarta mengenai interpelasi kepada Gubernur Anies Baswedan hari ini dibatalkan. Hal ini dikarenakan Sidang paripurna tersebut hanya dihadiri 31 orang. Seharusnya untuk mencapai kuorum, setidaknya rapat perlu dihadiri oleh 51 atau 54 orang.

Berdasarkan aturan di Tata Tertib DPRD DKI Jakarta Pasal 13 ayat 6, dijelaskan bahwa dalam sidang paripurna harus dihadiri minimal setengah anggota DPRD Provinsi.

(6) Usul sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12, menjadi hak interpelasi DPRD apabila mendapat persetujuan dari rapat Paripurna yang dihadiri lebih dari 1/2 jumlah anggota DPRD dan putusan diambil dengan persetujuan lebih dari 1/2 jumlah anggota DPRD yang hadir.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi memutuskan untuk mengakhiri rapat paripurna setelah mendengarkan pandangan fraksi PDIP dan PSI mengenai usul interpelasi Formula E. Prasetio pun mengakhiri rapat tanpa adanya pengambilan keputusan.

Kemudian 7 fraksi resmi melaporkan Prasetio ke Badan Kehormatan DPRD. Mereka menyetorkan sejumlah bukti ke BK.

"Yang dilaporkan Ketua. Ketua DPRD. (Yang di bawa) surat undangan itu, yang dibikin setelah (Bamus) surat undangan Bamus yang agendanya hanya tujuh. Surat undangan hari ini yang tanpa paraf juga," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik di ruangan BK DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Bukti yang dibawa mulai daftar hadir anggota DPRD saat paripurna hingga surat undangan rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang tak mencantumkan pembahasan interpelasi Formula E. Taufik menyebut ada surat undangan baru yang menjadwalkan rapat Bamus interpelasi.

Ketua BK DPRD DKI Jakarta Achmad Nawawi mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari tujuh fraksi. Selanjutnya, laporan akan dipelajari bersama seluruh anggota BK.

"Kami akan baca laporannya dulu, nanti kami rapatkan dengan seluruh anggota BK. Hasilnya kayak apa, nanti yang menentukan kesimpulannya dari sembilan anggota itu," jelasnya.

Demikian informasi soal arti kata Interpelasi dan aturannya hingga pelaksanaanya soal formula E di DPRD DKI.


(izt/imk)