Satgas Minta 5 Provinsi ini Turunkan Kasus COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 18:03 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Jubir pemerintah untuk penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas COVID-19 memaparkan update kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Disebutkan terdapat lima provinsi yang mengalami kenaikan cukup tinggi.

"Penting menjadi perhatian pada lima provinsi yang mengalami kenaikan cukup tinggi namun penurunannya belum setinggi kenaikan kasusnya," ujar juru bicara COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi persnya, Selasa (28/9/2021).

Kelima provinsi ini adalah Papua, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara. Wiku mengatakan kelima provinsi ini berhasil menurunkan kasus jika dibandingkan dengan puncak kedua pandemi pada Juli lalu, namun penurunan disebut perlu kembali dilakukan.

"Telah berhasil melakukan penurunan kasus jika dibandingkan dengan puncak kedua pada Juli lalu. Ini adalah perkembangan yang baik, namun perlu untuk terus didorong agar penurunan kasus bisa lebih rendah lagi hingga kembali ke angka sebelum lonjakan kasus," kata Wiku.

Dia meminta pemerintah daerah mengevaluasi penanganan COVID-19 di masing-masing daerah serta meningkatkan pengawasan dan protokol kesehatan.

"Untuk itu dimohon kepada Pemerintah Provinsi Papua, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Maluku Utara untuk terus mengevaluasi penanganan COVID-19 di wilayahnya. Terus tingkatkan pengawasan dan protokol kesehatan agar penularan dapat terus ditekan dan kasus menurun," ujar Wiku.

"Mohon disampaikan pada pemerintah pusat apabila terdapat kendala yang dihadapi agar dapat ditindaklanjuti dengan segera," sambungnya.

(dwia/jbr)