NasDem Usul Syaikhona Kholil Jadi Pahlawan Nasional ke Mahfud Md

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 17:04 WIB
NasDem usul Syaikhona Kholil jadi pahlawan nasional ke Mahfud Md
NasDem mengusulkan Syaikhona Kholil jadi pahlawan nasional ke Mahfud Md (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem dan Yayasan Syaikhona Kholil Bangkalan mengusulkan ulama Madura, Syaikhona Kholil, sebagai pahlawan nasional. Usulan tersebut diajukan kepada Menko Polhukam Mahfud Md.

"Jadi kami Partai NasDem beserta pengusul dari Yayasan Syaikhona Kholil melakukan audiensi dengan Bapak Menko Polhukam terkait usulan untuk pemberian gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil Bangkalan," kata Ketua DPW NasDem Jawa Timur Sri Sajekti di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Sri menuturkan, dalam audiensi bersama Mahfud, pihaknya menyampaikan proses perjalanan pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Syaikhona Kholil. Dia mengatakan semua persyaratan sudah dipenuhi dan diajukan ke Kementerian Sosial (Kemensos).

"Kami menyampaikan kepada beliau tentang perjalanan pengajuan gelar pahlawan ini dan sekaligus kami melaporkan kepada beliau bahwa seluruh persyaratan dan sebagainya sesuai dengan jadwal, itu sudah kami ajukan melalui kemensos," tuturnya.

Ketua DPW NasDem Kalimantan Barat Syarief Abdullah Alkadrie menyampaikan pengajuan Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Usulan itu juga ditindaklanjuti di tingkat nasional dengan menggelar beberapa kali seminar yang didukung sejumlah kepala daerah.

"Jadi kerja-kerja dilakukan oleh fraksi MPR maupun fraksi DPR sudah dimulai pada 2018 oleh rekan-rekan di Jawa Timur, kemudian kita tindak lanjuti di tingkat nasional dan sudah ada beberapa kali seminar. Kita juga kemarin terakhir kita laksanakan seminar nasional yang didukung juga oleh statement dari beberapa kepala daerah se-Indonesia, berkaitan dengan pengajuan Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional," ujarnya.

Syarief mengatakan usulan gelar pahlawan nasional Syaikhona Kholil sudah didukung dengan fakta ilmiah. Menurut Syarief, Syaikhona Kholil sudah bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

"Sehingga apa yang menjadi referensi beliau sebagai pahlawan nasional itu memang betul-betul sudah didukung dengan fakta secara ilmiah sehingga beliau bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional," ucapnya.

Syarief membeberkan sejumlah alasan mengapa NasDem mengusulkan gelar pahlawan nasional pada Syaikhona Kholil. Dia mengatakan Partai NasDem melihat sosok Syaikhona Kholil sebagai guru bangsa dan inspirator berdirinya ormas terbesar yang menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan.

"Kita melihat dari spirit yang dilakukan oleh Syaikhona Kholil itu pertama beliau itu merupakan guru bangsa, di antaranya banyak murid beliau yang menjadi pahlawan nasional. Kedua, beliau juga merupakan inspirator terhadap berdirinya ormas terbesar dengan ulama, ini juga suatu perekat untuk kebangsaan sehingga menumbuhkan dan mempererat nilai-nilai nasional kebangsaan," jelasnya.

Lihat juga video 'Prajuritnya Tewas oleh KKB, TNI Diminta NasDem Tetap Bersikap Terukur':

[Gambas:Video 20detik]