Apakah Anak Kecil Boleh Masuk Mal, Ini Serba-serbi Aturannya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 15:16 WIB
Apakah Anak Kecil Boleh Masuk Mal, Ini Serba-serbi Aturannya
Apakah Anak Kecil Boleh Masuk Mal, Ini Serba-serbi Aturannya (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Apakah anak kecil boleh masuk mal? Pertanyaan ini muncul tatkala pemerintah sudah melonggarkan beberapa aktivitas. Ini juga jadi informasi penting untuk orang tua yang hendak membawa anaknya beraktivitas di luar rumah.

detikcom sudah merangkum aturan mengenai apakah anak kecil boleh masuk mal. Agar tak keliru, simak informasi di bawah ini.

Apakah Anak Kecil Boleh Masuk Mal: Ini Penjelasannya

Sebelum menjawab pertanyaan apakah anak kecil boleh masuk mal, mari simak aturan PPKM terlebih dahulu.

Dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, pemerintah memperpanjang PPKM Jawa-Bali sejak 21 September hingga 4 Oktober 2021. Perpanjangan PPKM sejalan dengan upaya pemerintah yang hendak menekan penyebaran virus COVID-19 agar pandemi dapat diatasi.

Dalam perpanjangan PPKM, sejumlah aturan pun dilonggarkan, salah satunya mekanisme memasuki mal. Merujuk pada instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 43/2021, anak di bawah 12 tahun boleh masuk mal dengan beberapa syarat.

Sebagai contoh, anak di bawah 12 tahun harus didampingi orang tua, menggunakan masker, dan menjalankan protokol kesehatan. Aturan lain soal apakah anak kecil boleh masuk mal ialah orang tua anak harus sudah divaksinasi COVID-19.

"Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan bagi anak-anak usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua. Ini diterapkan di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang," ujar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam jumpa pers beberapa waktu lalu.

Apakah Anak Kecil Boleh Masuk Mal: Aturan Lengkap PPKM Level

Informasi mengenai apakah anak kecil boleh masuk mal sudah terjawab, yakni boleh asal mengikuti beberapa syarat. Selanjutnya, mari simak informasi lain mengenai pertanyaan tersebut.

Masih merujuk Inmendagri 43/2021, pemerintah juga sudah membuka bioskop di sejumlah daerah. Pembukaan bioskop dibuka setelah melakukan evaluasi dan pertimbangan dari beberapa pihak.

"Bioskop sudah buka kapasitas 50%. Wajib menggunakan PeduliLindungi dan protokol kesehatan yang ketat. Kategori kuning dan hijau boleh masuk, yang tadinya hijau aja kini daerah zona kuning boleh masuk," kata Luhut.

Meski sudah diizinkan beroperasi, anak di bawah 12 tahun belum diizinkan masuk ke area bioskop. Pemerintah juga melarang penonton untuk makan dan minum selama masih di dalam bioskop.

Jawaban soal apakah anak kecil boleh masuk mal juga dapat disimak di halaman selanjutnya.