Patungnya Dibongkar, Begini Gebrakan Soeharto-Sarwo Edhie Melibas PKI

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 11:24 WIB
Tentang Museum Kostrad yang Urusan Patungnya Disorot Gatot
Patung Soeharto, Sarwo Edhie, dan AH Nasution di Markas Kostrad (Dok. Kostrad)

Langkah Pemberantasan PKI

Selanjutnya, kisah pemburuan anggota dan pimpinan PKI oleh Sarwo Edhie Wibowo dimulai pada 1 Oktober 1965. Ia didatangi oleh Mayor Subardi, yang tidak lain adalah ajudan Menteri Panglima Angkatan Darat Letnan Jenderal Ahmad Yani.

Di sana, Sarwo Edhie mendengar semua cerita tragis yang menimpa Jenderal Yani. Segera ia mengumpulkan para perwira di rumahnya untuk menghadap secara bergantian. Bahkan, untuk memastikan kekuatan, ia juga menarik seluruh pasukan yang sedang mengikuti latihan upacara peringatan Hari ABRI di Senayan.

Setiba di lokasi, para perwira membentuk pertahanan di jalan Jakarta-Bogor. Mereka pun menunggu berita melalui Radio Republik Indonesia dan hasilnya ada Gerakan 30 September atau G30S/PKI dan pembentukan Dewan Revolusi yang artinya terjadi kudeta.

Mendengar hal itu, Kapten Herman Sarens Sudiro datang dan membawa surat ke hadapan Sarwo Edhie yang ditulis oleh Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayor Jenderal Soeharto.

Sarwo Edhie Wibowo dan Herman pun menemui Soeharto di Markas Kostrad. Di sana, mereka membahas situasi dan pengamanan tempat-tempat vital. Walaupun belum ada perintah dari Soeharto, Sarwo Edhie meminta agar pasukannya menuju ke Kostrad.

Mereka pun merebut Radio Republik Indonesia (RRI) untuk menyiarkan berita. Begitu pula Bandara Halim Perdanakusuma yang disinyalir sebagai pusat latihan para anggota PKI.

Setelah proses penemuan jenazah para jenderal di Lubang Buaya, Sarwo Edhie pun bertugas memburu seluruh anggota dan kader PKI. Ia berkeliling Jawa dan Bali berbulan-bulan lamanya.

Perburuan ini tak lepas dari keikutsertaan pemuda Nahdlatul Ulama (NU). Sarwo Edhie Wibowo diketahui juga melatih para pemuda NU sebagai ujung tombak operasi penangkapan basis-basis PKI.