Koster Lobi Pusat, Target Vaksinasi di Bali Naik Jadi 3,4 Juta Orang

Sui Suadnyana - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 05:19 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster. (dok. Pemprov Bali)
Foto: Gubernur Bali Wayan Koster. (dok. Pemprov Bali)
Denpasar -

Target vaksinasi COVID-19 di Bali dinaikkan dari 3 juta orang menjadi 3,4 juta orang atau naik sebanyak 400 ribu orang. Target ini dinaikkan setelah Gubernur Bali Wayan Koster meminta penambahan target kepada pemerintah pusat.

"Awalnya kalau target 70 persen, kan kita mendapat alokasi vaksin untuk 3 juta penduduk. Saya minta target itu ditambah menjadi 3,4 juta penduduk dan itu telah disetujui," kata Koster dalam keterangan tertulis yang dikutip detikcom, Selasa (28/9/2021).

Melalui masifnya program vaksinasi, Koster berharap herd immunity akan tercapai pada pertengahan bulan Oktober sehingga perekonomian Bali secepatnya pulih. Ia pun membeberkan capaian vaksinasi di Bali saat ini.

Menurut Koster, realisasi vaksinasi dosis pertama mencapai 97 persen dan khusus yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Bali sebanyak 87 persen. Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua realisasinya telah mencapai 75 persen dan khusus yang ber-KTP Bali sebanyak 70 persen.

Kasus COVID-19 Turun

Di sisi lain, Koster menyinggung keberhasilan Bali dalam mengendalikan pandemi COVID-19. Menurutnya, perkembangan kasus COVID-19 di Pulau Dewata dalam beberapa hari terakhir sudah semakin membaik.

Merujuk data per tanggal 26 September 2021, penambahan angka terkonfirmasi positif COVID-19 hanya sebanyak 85 orang, sembuh 148 orang dan 4 orang meninggal dunia. Bagi Koster, angka ini jadi yang terendah dalam beberapa bulan terakhir.

"Ini angka terendah dalam beberapa bulan terakhir. Kesembuhan kita juga telah mencapai 95 persen. Kasus aktif menurun signifikan dari bulan Agustus yang mencapai 12 ribu, saat ini hanya 1.749," bebernya.

Disebutkan olehnya, keberhasilan Bali dalam pengendalian Covid-19 tak terlepas dari dukungan seluruh elemen, khususnya jajaran DPRD Bali yang mendukung Pemprov Bali mendanai isolasi terpusat di kabupaten/kota.

Kendati Covid-19 sudah mulai bisa dikendalikan, Gubernur kelahiran Desa Sembiran ini tetap mewanti-wanti agar kampanye ketaatan menerapkan protokol kesehatan tetap digalakkan di masyarakat.

Khusus terkait upaya pemulihan ekonomi Bali, Koster mengeluarkan Surat Edaran yang di dalamnya mengatur pembukaan objek wisata, mall dan swalayan dengan kapasitas 50 persen. Melalui kebijakan ini, ia berharap pertumbuhan ekonomi makin membaik pada triwulan ke-4 tahun ini.

Simak video 'Melihat Penerapan Ganjil-Genap Hari Pertama di Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)