Ingin Cepat Sampai, Mobil Pakai Rotator Malah Kena Tilang di Tol Jatinegara

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 19:24 WIB
Polisi tilang mobil berotator di GT Jatinegara
Polisi tilang mobil berotator di GT Jatinegara. (dok. TMC Polda Metro)
Jakarta -

Polisi menindak mobil Fortuner yang memakai rotator, di Gerbang Tol Jatinegara, Jakarta Timur. Kepada polisi, pengemudi beralasan menggunakan rotator pada mobil karena ingin cepat sampai.

"Dari pembicaraan dengan pelanggar menyampaikan hanya ingin pakai rotator biar cepat sampai tujuan," kata Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Metro Jaya Kompol Sutikno saat dihubungi, Senin (27/9/2021).

Atas pelanggaran tersebut, Sutikno menjelaskan Ditlantas Polda Metro Jaya langsung memberikan sanksi tilang kepada pengemudi. Sutikno juga menyampaikan penggunaan rotator dan strobo yang tidak sesuai peruntukan dan bukan mobil dinas memang dilakukan penindakan.

"Iya (pengemudi mendapatkan sanksi tilang)," tegas Sutikno.

"Pengguna rotator dan strobo yang tidak sesuai peruntukan bukan mobil dinas memang dilakukan penindakan," tambahnya.

Rotator Jadi Sasaran Operasi Patuh Jaya

Diketahui Polda Metro Jaya menggelar operasi terpusat 'Patuh Jaya 2021' mulai 20 September hingga 3 Oktober 2021. Motor knalpot bising hingga rotator menjadi sasaran utama Operasi Patuh Jaya 2021.

"Walau kami tak ada penindakan razia di jalan, tapi ada beberapa pelanggaran menjadi target khusus untuk kami tertibkan. Pertama knalpot bising akan kami gencarkan, baik oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan seluruh anggota Polres jajaran," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/9).

Pelanggaran lainnya yang menjadi sasaran Operasi Patuh Jaya ada penggunaan rotator dan sirene yang tidak sesuai dengan aturan. Polisi menilai banyak kendaraan pribadi yang menggunakan rotator dan sirene untuk meminta prioritas di jalan.

Aksi balap liar pun menjadi bentuk pelanggaran lalu lintas yang menjadi prioritas petugas untuk ditindak. Sambodo menyebut pihaknya akan melakukan patroli ke titik-titik yang diketahui kerap menjadi ajang balap liar.

Simak juga 'Rekaman CCTV Ugal-ugalan Pengemudi Fortuner Berpelat Dinas Polri':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)