Guru di Sulsel yang Ceramah Berjam-jam hingga Siswa Nyaris Pingsan Disanksi

Zulkifli Natsir - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 19:10 WIB
SMP tempat guru di Bone, Sulsel, Usman ceramah berjam-jam hingga siswa nyaris pingsan. (Zulkifli Natsir/detikcom)
SMP tempat guru di Bone, Sulsel, Usman ceramah berjam-jam hingga siswa nyaris pingsan. (Zulkifli Natsir/detikcom)

Sanawiyah menambahkan, Usman yang dipindahkan mengajar ke sekolahnya memang memiliki gejala gangguan jiwa. Tak hanya kepada murid, Usman juga kerap berceramah kepada orang lain, bahkan kepada sesama guru.

"Pak Usman ini merupakan guru pindahan dari Sulawesi Tengah. Memang ada sedikit gejala kelainan jiwa. Kadang ceramah ke orang lain bahkan kadang ke rekan guru lainnya," beber Sanawiyah.

Sebelumnya diberitakan, seorang guru SMP Negeri 3 Dua Boccoe di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Usman, viral di media sosial (medsos) setelah berceramah berjam-jam di kelas. Ceramah dengan durasi terbilang lama itu membuat kebanyakan siswa lemas.

"Kejadiannya itu tanggal 16 minggu lalu, hari Kamis," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Nursalam saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (24/9).

Nursalam mengatakan peristiwa tersebut bermula saat Usman mendapati sejumlah siswa kelas 7, 8, dan 9 masih bermain-main di kelas, padahal sudah masuk jam pulang. Dia kemudian masuk di kelas.

"Itu kan kejadiannya begini, pada saat anak-anak sudah mau pulang sekitar jam 11 siang, masih ada anak-anak yang main di kelas, belum meninggalkan sekolah. Pada saat mereka main-main, tiba-tiba guru ini masuk di kelas," ucap Nursalam.

Menurut Nursalam, kelas tersebut bukan kelas dengan mata pelajaran resmi. Sebab, para siswa di dalam kelas berasal dari kelas berbeda, yakni dari kelas VII hingga kelas IX.

"Jadi memang itu bukan jam pelajaran, sudah jam pulang. Cuma ini anak-anak kan masih ada yang tinggal main-main, tiba-tiba guru ini masuk menyuruh anak-anak ini masuk. Akhirnya dia ceramah berjam-jam di situ," katanya.


(nvl/nvl)