Round-Up

Kasihan Siswa di Sulsel Nyaris Pingsan Gegara Guru Bicara Kelamaan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 21:34 WIB
Lecture room or School empty classroom with Student taking exams, writing examination for studying lessons in high school thailand, interior of secondary education, whiteboard. educational concept
Ilustrasi sekolah (Foto: iStock)
Bone -

Seorang guru di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), bernama Usman menjadi perbincangan warganet setelah aksinya berceramah berjam-jam di dalam kelas hingga membuat para siswa nyaris pingsan. Cerita ini seketika viral di media sosial.

Peristiwa itu terjadi di SMP Negeri 3 Dua Boccoe pada Kamis, 16 September 2021. Apa yang melatarbelakangi Usman ceramah berjam-jam?

Penyebab Ceramah Berjam-jam

Rupanya, penyebab Usman ceramah berjam-jam adalah para muridnya tak kunjung pulang saat bel pulang berbunyi. Mereka malah asyik bermain di dalam kelas.

"Pada saat mereka main-main, tiba-tiba guru ini masuk di kelas," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Nursalam saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (24/9/2021).

Para siswa di dalam kelas berasal dari kelas berbeda, yakni dari kelas 7 hingga jelas 9. "Akhirnya dia ceramah berjam-jam di situ," katanya.

Siswa Nyaris Pingsan

Nursalam memastikan Usman hanya berceramah di dalam kelas dan tidak ada penyekapan atau kekerasan seperti informasi viral. Namun ceramah berjam-jam tersebut membuat para siswa lemas di kelas.

"Ini anak-anak mungkin lapar. Dia sudah setengah 3 belum pulang. Iya, dia cuma lemas itu," katanya.

Simak di halaman selanjutnya