Guru di Sulsel yang Ceramah Berjam-jam hingga Siswa Nyaris Pingsan Disanksi

Zulkifli Natsir - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 19:10 WIB
SMP tempat guru di Bone, Sulsel, Usman ceramah berjam-jam hingga siswa nyaris pingsan. (Zulkifli Natsir/detikcom)
SMP tempat guru di Bone, Sulsel, Usman ceramah berjam-jam hingga siswa nyaris pingsan. (Zulkifli Natsir/detikcom)
Bone -

Oknum guru SMP Negeri 3 Dua Boccoe Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Usman diberi sanksi akibat ulahnya ceramah berjam-jam hingga membuat sejumlah muridnya nyaris pingsan. Sanksi yang diberikan pihak sekolah itu merupakan pemberhentian sementara kepada Usman dari kegiatan mengajar.

"Jadi ada kebijakan kepada pak Usman yang untuk saat ini diistirahatkan untuk sementara waktu. Sementara kami juga menunggu keputusan dari Dinas Pendidikan untuk tindak lanjutnya," ujar Kepala SMPN 3 Dua Boccoe Bone, Andi Sanawiyah, dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (27/9/2021).

Sanawiyah mengungkapkan, peristiwa Usman ceramah berjam-jam hingga siswa nyaris pingsan itu terjadi pada Kamis (16/9) lalu. Pihaknya lalu dipanggil menghadap Disdik Bone untuk mengklarifikasi ulah Usman pada Senin (20/9).

Sanawiyah lalu membantah isu liar yang berkembang akibat Usman berceramah berjam-jam di hadapan siswa. Dia menegaskan, Usman hanya berceramah di depan siswa selama berjam-jam dari sekitar pukul 12.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita.

"Perlu diperjelas, bahwa tidak ada penyekapan seperti yang diberitakan di beberapa media sosial. Pak Usman ada di ruang kelas bersama murid, berceramah hingga sampai pukul 15.00 Wita sore, sampai datang beberapa orang tua murid yang datang ke sekolah untuk mengecek kenapa anaknya belum pulang," ungkap Sanawiyah.

Menurut Sanawiyah, Usman merupakan guru ASN yang dimutasi dari Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 2016. Usman dipindah dari sekolah tempatnya mengajar di Sulteng karena kerap berulah.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Pengakuan Ustaz di Trenggalek Cabuli 34 Santri Selama 3 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]