Risma Ungkap Penyebab 9 Juta Orang Dihapus dari PBI-JK

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 17:15 WIB
Mensos Risma berang ribuan bantuan warga Bandung belum tersalurkan
Mensos Risma (Muhammad Iqbal/detikcom)

Kemudian, Risma menyebut akan terus melakukan perbaikan untuk mendata setiap orang yang berhak menerima bantuan tersebut. Terlebih, dia juga akan memastikan beberapa daerah yang memang perekamannya data masih rendah.

"Yang tadi tidak padan Dukcapil itu kita kembalikan ke daerah nanti kalau dia padan Dukkcapil dia bisa ngusulkan kembalikan ke daerah, jadi daerah harus melakukan perbaikan sesuai UU 13/2011 itu data fakir miskin itu dari daerah," kata Risma.

"Jadi non-DTKS padan dengan Dukcapil itu 11.677.817. Ini daerah harus memastikan terus kemudian ada di daerah memang ada pengecualian di Papua dan Papua barat, ada dua daerah karena dia perekamannya masih rendah. Jadi kalau perekaman rendah kita kuatir. Ada kurang-lebih 955.521 di Papua dan Papua Barat," sambungnya.

Ini berarti ada 12.633.338 data yang akan dikembalikan ke daerah disebabkan non-DTKS tetapi sudah sesuai dengan data. Namun, nantinya mereka akan dicek status kemiskinannya.

"Nanti dia bisa mengusulkan kembali seperti DTKS kita akan evaluasi setiap bulan karena khawatirnya sudah meninggal dan sebagainya," ucapnya.


(lir/lir)