Jika Aplikasi PeduliLindungi Error, Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 15:40 WIB
Jika Aplikasi PeduliLindungi Error, Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan
Jika Aplikasi PeduliLindungi Error, Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan (Foto: Dok. detikcom)
Jakarta -

Aplikasi PeduliLindungi error bisa jadi kendala dalam beraktivitas karena saat ini banyak digunakan di berbagai kegiatan. Kegiatan mulai bepergian dengan transportasi umum hingga masuk mal dan pusat perbelanjaan kini mewajibkan syarat penggunaan aplikasi tersebut.

Sebenarnya ada bermacam-macam penyebab aplikasi PeduliLindungi bisa error. Merujuk pada situs resmi Satgas COVID-19, berikut hal yang harus dilakukan saat aplikasi PeduliLindungi error.

Aplikasi PeduliLindungi Error, Coba 4 Cara Ini

Ada empat cara untuk mengatasi aplikasi PeduliLindungi error. Ikuti tips di bawah ini agar aplikasi PeduliLindungi error bisa diatasi:

1. Muat ulang

Langkah pertama menghadapi aplikasi PeduliLindungi error dengan memuat ulang aplikasi. Caranya, kamu cukup memuat ulang HP dan membuka kembali aplikasi PeduliLindungi. Tak tertutup kemungkinan setiap ponsel punya pengaturan yang berbeda-beda.

2. Lakukan Pembaruan

Cara lain mengatasi aplikasi PeduliLindungi error adalah melakukan pembaruan terhadap perangkat. Pastikan perangkat HP-mu sudah di-upgrade dan menempati versi terbaru. Pembaruan sistem perangkat dan aplikasi berguna untuk menyesuaikan spesifikasi sistem dengan aplikasi PeduliLindungi. Oleh karenanya, penting memastikan perangkat sudah diunduh ke versi terbaru.

3. Memori HP Harus Mencukupi

Cara lain mengatasi aplikasi PeduliLindungi error dengan menyediakan ruang dalam memori HP. File yang terlalu banyak disimpan bakal mempengaruhi aplikasi ikut error. Menumpuknya cache juga bisa menghambat proses pemindaian QR Code aplikasi PeduliLindungi. Karena itu, kamu harus rajin membersihkan cache agar memori HP tetap tersedia.

4. Periksa Jaringan Internet

Langkah terakhir mengatasi aplikasi PeduliLindungi error dengan mengecek koneksi internet. Aplikasi PeduliLindungi hanya bisa digunakan jika ada jaringan internet. Karena itu, kamu perlu memeriksa internet agar aplikasi PeduliLindungi tidak error.

Setelah tahu cara mengatasi aplikasi PeduliLindungi error, simak di halaman berikutnya soal manfaat dan lokasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi.