3 Harimau Muncul Dekat Permukiman di Sumbar, Warga Diminta Waspada

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 13:47 WIB
Ilustrasi harimau (Andhika-detikcom)
Foto ilustrasi harimau. (Andhika/detikcom)
Solok Selatan -

Tiga ekor harimau Sumatera muncul di dekat permukiman warga di Sumatera Barat. Warga pun diminta waspada dan tidak ke ladang lebih dulu.

Harimau itu muncul di wilayah Jorong Sungai Puah, Nagari Persiapan Balun, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Camat Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Syahrul Munir, membenarkan informasi tersebut.

"Iya. Memang betul. Ada laporan harimau Sumatera berada tak jauh dari permukiman," kata Syahrul Munir saat dimintai konfirmasi, Senin (27/9/2021).

Syahrul mengatakan satwa dilindungi itu diduga terdiri dari seekor induk harimau dan dua ekor anaknya. Dia menyebut warga yang hendak ke ladang resah atas keberadaan harimau tersebut.

"Tiga ekor harimau ini belum memasuki permukiman warga, tapi membuat resah," katanya.

Kepala Jorong Sungai Ipuh, Randi, disebut melaporkan harimau diperkirakan muncul pertama kali pada Kamis (2/9). Randi, yang dalam perjalanan menuju ladangnya, langsung lari saat melihat harimau dan menjelaskan peristiwa itu kepada warga lain.

Randi kemudian melaporkan peristiwa itu ke Kantor Wali Nagari. Warga lainnya, Jul Masri, juga disebut mengaku melihat dua ekor harimau di pinggir Sungai Batang Suliti dalam perjalanan menuju rumah bersama istrinya.

"Pasangan itu melihat dua ekor harimau saat pulang dari menyadap getah karet dari kebun sekitar pukul 15.30 WIB," kata Syahrul.

Laporan soal harimau itu juga datang dari warga lain, Erjon dan tiga cucunya, pada Kamis (23/9). Erjon bersama tiga orang cucunya melihat harimau Sumatera di lokasi yang tidak berjauhan dari lokasi yang dilaporkan Jul Masri.

Laporan dari warga tersebut telah disampaikan ke BKSDA Sumbar. Warga diimbau untuk waspada dan tidak pergi ke ladang untuk sementara waktu.

"Dalam kondisi seperti sekarang, masyarakat harus berhati-hati. Kita imbau agar tidak ke ladang dulu sampai kondisi aman," ujarnya.

Lihat juga video 'Harimau yang Diduga Terkam Warga Riau Masuk Perangkap BKSDA':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)